SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Senin, 25 Juli 2011

SMS untuk Bu Jos


Seketika bunyi sms terdengar masuk ke hp bu Jos,triiit....triiiit...triiiiit...
isinya kira-kira begini "aku merasa tidak semangat dan demotivasi, kalau diperlakukan seperti itu."
sms ini  Bu Jos terima dari bawahannya yang beberapa hari tidak masuk kantor karena alasan sakit. seketika Bu Jos tidak ngeh dengan apa yang diterimanya via sms, bahkan Bu Jos hanya membaca sekali, lalu tidak menghiraukan sms itu, karena memang terlihat Bu Jos tidak paham dengan sms yang baru saja dibacanya. Selintas Bu Jos melakukan aktivitas lagi, namun beberapa saat kemudian, Bu Jos membalas sms tersebut dengan menuliskan kata yang singkat , "Kenapa Mbak?" walaupun Bu Jos pimpinan di tempatnya bekerja, namun Bu Jos selalu menghormati siapapun orang yang lebih tua maupun yang lebih muda darinya. Tanpa berharap dibalas, kemudian Bu Jos berdiri ke tempat staffnya yang lain, dan sekilas melirik wajah mba yang mengirim sms tadi, Bu Jos melihat ada kegalauan dan kecemasan di wajah mba yang kirim sms tadi, namun Bu jos tidak melihat mba staff itu mengetik tulisan untuk membalas sms Bu Jos, dan akhirnya barulah Bu Jos sadar bahwa mba staff ini sedang butuh perhatiannya, dan merasakan bahwa Bu Jos tidak perhatian lagi padanya hari ini.
Menengok kebelakang, mba staff ini memang merasa kalau Bu Jos sudah sangat percaya dengan kerja mba staff ini, sehingga Bu Jos selalu memberikan perhatian lebih kepada mba staff, namun pada hari ini memang Bu Jos agak berbeda perlakuannya dengan mba staff ini karena satu hal. Mba staff ini tidak masuk ke kantor tanpa ijin sama Bu Jos, lah wong cuma kirim sms sekali kemudian kirim, sms pun akan segera sampai koq, tapi ini tidak. Biasanya mba staff ini kalau tidak masuk selalu ijin sama Bu Jos, tentu saja hal ini membuat Bu Jos merasa tidak dianggap lagi sebagai pimpinannya, apalagi mba staff ini tidak masuk selama 3 hari dengan keterangan sakit. Perlu diketahui, walaupun mba staff tidak ijin kepada Bu Jos untuk tidak masuk, tapi setiap harinya Bu Jos mengirimkan sms kepada mba staff, namun tak ada sms balasan, tidak seperti biasanya, dan Bu Jos hanya menghibur hati dengan berkata mungkin sedang sakit sekali atau sedang tidak ada pulsa.
Hari ini, Bu Jos banyak komunikasi pada staff yang lain, karena memang banyak informasi yang harus digali, sedangkan pada mba staff, Bu Jos sudah berbincang tentang kesehatan dan pesan-pesannya untuk meminum obat yang dari dokter. Mungkin perhatian ini masih kurang dalam dosis mba staff, sehingga akhirnya hadirlah sms ini.
Karena merasa justru dirinya yang dipersalahkan, dan sebagai seorang pemimpin Bu Jos juga tidak mau semena-mena dengan jabatannya, apalagi akhir-akhir ini Bu Jos dihadapkan dengan membuat naskah mengenai kepemimpinan seorang Rasulullah SAW, maka Bu Jos merasakan sulit sekali menjadi seorang pemimpin yang dicintai oleh bawahannya, perlu perjuangan besar dan mengorbankan kepentingan pribadi untuk menarik hati dan simpatik bawahannya, apalagi semua dilakukan harus dengan keikhlasan. Dengan berat hati, walau mba staff tidak membalas smsnya, akhirnya Bu Jos kembali meng-sms mba staff, karena merasakan bahwa sms dari mba staff memang benar-benar ditujukan untuk Bu Jos, maka akhirnya Bu Jos menulis sms berikut:
" Mba, yang mba maksud siapa? saya ya?, kalau saya yang salah, saya minta maaf. Justru seharusnya sayalah yang harus merasakan demikian, tapi saya tidak bisa spt itu mba, justru saya harus selalu termotivasi dan semangat". Kini sms itu pun tidak dibalas, dan Bu Jos tidak menunggu balasan lagi, karena bagi Bu Jos menulis sms itu lebih bijaksana dari pada Bu Jos berterus terang mengapa mba staff bisa merasakan hari ini Bu Jos jauh dari mba staff, karena kalau Bu Jos menceritakan sebab-sebabnya tentu mba staff akan semakin down dan merasa dijauhkan oleh Bu Jos, padahal sebenarnya tidak demikian.
Tidak lama kemudian ketika Bu Jos membutuhkan data pekerjaan dengan mengkoordinasi ke berbagai pihak, tanpa diminta mba staff ini mengajukan diri untuk membantu Bu Jos dalam menyediakan data, Alhamdulillah akhirnya berbuah manis, terlihat mba staff tersenyum dan senang karena sudah bisa mengambil hati Bu Jos, karena beberapa jam sebelumnya Bu Jos memang tidak banyak bertanya pada mba staff, karena memang tidak ingin membuat mba staff sibuk, dan tidak mau membuat repot mba staff. Semoga selalu indah di setiap peristiwa.
Kesimpulannya adalah bahwa menjadi pemimpin itu perlu keahlian dan keterampilan. keahlian menata hati dan keterampilan dalam berkomunikasi. Tidak ada yang pernah salah apabila mencontoh sikap dan sifat Rasulullah dalam memimpin, Selamat menjadi pemimpin yang memimpin dengan keindahan akhlak Rasulullah SAW.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat