SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Minggu, 05 Desember 2010

Sudah Tahukah Anda Etika Bertamu dan Menerima Tamu???


Islam demikian indah dan disiplinnya  dalam mengatur setiap muamallah kehidupan ummat manusia, hingga dalam hal bagaimana cara  bertamu dan menerima tamu pun,  ada adab atau etika yang mengatur. Berikut ini etika bertamu dan menerima tamu yang dapat kita pelajari,pahami dan kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari , baik pada saat kita menprospek calon mitra, mengundang home meeting atau pada saat silaturrahim ke sanak keluarga dan rekan kita di hari raya. Berikut ini etika bertamu dan menerima tamu sebagaimana yang diajarkan Rasulullah yang mulia.

A. Etika Bertamu

1. Meminta izin.
Sebelum memasuki rumah yang bukan rumah kita, berilah salam terebih dahulu dan janganlah masuk sebelum mendapat izin pemilik rumah.

2. Minta Izin Maksimal Tiga Kali
Dari Abu Sa’id Al-Khudri ia berkata, Abu Musa telah meminta izin tiga kali kepada Umar untuk memasuki rumahnya, tetapi tidak ada yang menjawab, lalu dia pergi, maka sahabat Umar menemuinya dan bertanya, "Mengapa kamu kembali?" Dia menjawab, "Saya mendengar Rasulullah bersabda, Barangsiapa meminta izin tiga kali, lalu tidak ada jawaban, maka hendaklah kembali. (Shahih HR. Ahmad)

3. Tidak Menghadap Ke Arah Pintu Masuk, Namun Disisi Kanan atau Kirinya
Dari Abdullah bin Bisyer ia berkata, Adalah Rasulullah apabila mendatangi pintu suatu kaum, beliau tidak menghadapkan wajahnya ke depan pintu, tetapi berada di sebelah kanan atau kirinya dan mengucapkan "Assalamu ‘alaikum … assalamu'alaikum …" (Shahih HR. Abu Dawud)

4. Jika Ditanya Hendaknya Menyebut Nama Yang Jelas
5. Dilarang Mengintai Ke Dalam Bilik
6. Bila Diminta Pulang, Hendaknya Pulang
7. Menyempaikan Salam Kepada Shohibul Bait Bila Telah Berjumpa
hadits dari Abu Hurairoh bahwasanya ia berkata, Rasulullah bersabda, "Hak orang muslim kepada muslim yang lain ada enam perkara." Beliau ditanya "Apa itu wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "Jika kamu menjumpainya, hendaknya engkau menyampaikan salam kepadanya..." (HR. Muslim)
8. Tidak Masuk Bila Yang Mengizinkan Wanita
9. Menundukkan Pandangan Jika Apabila Melihat Wanita (lawan jenis)
10. Mendoakan Shohibul Bait
11. Tidak Menceritakan Aibnya Kepada Orang Lain

B. Etika Menerima Tamu

1. Menjawab Salam
2. Boleh Menanyakan Siapa Namanya
3. Boleh Menolak Tamu (apabila tidak diijinkan oleh mahram)
4. Boleh Saling Berpelukan dan Berjabat Tangan (untuk sesama jenis/yang dibolehkan secara syar’i)
5  Tidak Memasukkan Tamu Lain Jenis
6. Menyambut Tamu Dengan Gembira
7. Menjamu Tamu Sesuai Kemampuan

Sudahkah kita melaksanakan etika bertamu dan menerima tamu seperti yang Rasulullah ajarkan? Semoga kita semua termasuk orang-orang yang telah melaksanakan etika bertamu dan menerima tamu sesuai ajaran rasul, bila belum, KINI Saatnya kita memulai…wallahu alam bishowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat