SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Minggu, 05 Desember 2010

PUSING … MEMECAHKAN MASALAH??? INI KUNCINYA!!!.....

Pernahkah Anda dalam posisi memecahkan suatu masalah, baik pribadi ataupun kelompok? Bisa jadi Anda adalah orang yang selalu menghadapi masalah yang muncul berulang kali dengan masalah yang sama atau pun baru. Tentunya kita tidak akan berdiam diri bila masalah itu datang, berikut ini model pemecahan masalah enam langkah yang ditawarkan oleh Chang & Kelly yang dapat digunakan oleh Anda secara pribadi ataupun team.
  1. Definisikan Masalah
Ada dua hal untuk berhasil mendefinisikan suatu masalah, yaitu : Susun pernyataan masalah , dan Identifikasi “ Keadaan yang diinginkan “ atau tujuan. Dengan cara ini , sebuah team dapat memusatkan seluruh tenaganya pada arah yang sama.
  1. Analisis Sebab-sebab Potensial
Lakukan secara efektif tahap kedua dengan beberapa sub langkah berikut:
a.    Mengidentifikasi sebab-sebab potensial
b.    Menentukan sebab-sebab yang paling memungkinkan
c.    Mengidentifikasi akar penyebab yang sesungguhnya
Pada tahap ini, Anda dapat menggunakan: Apa, Mengapa, Kapan, Bagaimana, Kemana, dan Siapa, untuk menyusutkan penyebab yang paling memungkinkan pada masalah Anda.
  1. Identifikasi Kemungkinan Solusi
Saatnya membangkitkan gagasan dan alternatif untuk memecahkan masalah, tahap ini membutuhkan tingkat kreatifitas tinggi, Buatlah daftar kemungkinan solusi yang ada , dan kemudian menentukan solusi terbaik. Hal ini akan memunculkan solusi yang lebih inovatif . Atau bila diperlukan, Anda dapat membandingkan masalah yang muncul dengan masalah serupa yang pernah muncul sebelumnya, dan kemudian solusi dapat Anda rumuskan
  1. Pilih Solusi Terbaik
Pada langkah ini, keputusan harus dibuat, solusi mana yang dipilih. Sebagaimana dengan keputusan apapun, beberapa faktor masuk kedalam proses. Untuk lebih mudah dalam memilih solusi maka berilah bobot pada kriteria yang telah dibuat, implementasikan kriteria dan kemudian solusi terbaik dapat Anda pilih.
  1. Susun rencana Tindakan
Pada tahap ini akan muncul pertanyaan Tindakan apa yang akan dilakukan? Dari mana mulainya? Siapa yang akan melakukan Apa, Kapan, dan Bagaimana?. Bila hal ini muncul maka mulailah Anda membagi solusi menjadi tugas yang berurutan, dan kemudian menyusun  rencana kemungkinan yang ada.
  1. Mengimplementasikan  Solusi dan Mengevaluasi Perkembangan
Bersiaplah melakukan modifikasi rencana tindakan Anda, bila diperlukan, apabila terjadi hal yang tidak diharapkan, saatnya solusi yang diambil diimplementasikan, namun tetaplah mengumpulkan data yang sesuai dengan rencana tindakan, implementasikan rencana lain, dan kemudian evaluasi hasil-hasilnya.

Semoga Model Pemecahan Masalah Enam Langkah ini akan menghasilkan solusi permasalahan yang lebih baik dari masalah yang paling kritis sekalipun, tentunya tak lupa diiringi dengan doa dan berserah kepada Allah SWT, agar permasalahan yang muncul dapat selesai penuh dengan ridho-Nya. Selamat Mencoba

( Taken from “ Langkah-langkah Pemecahan masalah “ : Chang & Kelly)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat