SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Senin, 14 Januari 2013

PENGALAMAN YANG TELAH PULANG UMROH

Berbagi rasa dan pesan setelah umroh sangat bermanfaat untuk bekal bagi orang yang akan berangkat umroh, apalagi pengalaman pertama, atau walaupun sudah pernah namun bila telah lama jangka waktu berangkat kembali rasanya perlu mereview pesan mereka yang telah mengalami perjalanan umroh. Berikut ini saya copy paste dari sebuah sumber informasi, ada yang sudah di edit atau ada juga yang asli dari aslinya. Semoga bermanfaat untuk persiapan umroh dan bekal ke tanah suci.

1. Dokumen dan agenda acara
Pastiin dokumen lengkap dan ikuti prosedur di bandara..ada form yang di isi dan kudu disimpen... Tanya ama tour and travelnya agenda acaranya seperti apa, walo akhirnya di lapangan suka berubah...

2. Pergi sendiri...
cewek kalo pergi sendiri pastiin ada mahramnya.. dan untuk yang sendiri pergi akan administratif aja di mahramkan.. dan gak tau dgn siapa.. pas pemeriksaan di bagian imigrasi di Bandara Madinah, akan terasa sempet ketar ketir.. karena diminta antri berdekatan dengan mahramnya...dan bisa ada pertanyaan .. dan ada juga  waktu mau pulang yang di tanya, kalau bisa antri bersama keluarga 

3. Selama perjalananan..
Jakarta Madinah itu 8 jam perjalanan.. biasanya di layar TV informasinya update banget..  mulai dari suhu di luar, ketinggian, kecepatan pesawat, udah sampe mana, berapa kilometer lagi, kira2 nyampe jam berapa.. trus ada info peta nya gitu.. mulai dari yang semua benua keliatan, ampe jarak antar kota.. isi waktu dengan banyak doa dan zikir.

4. Koper
Biasanya dari tour and travelnya di kasih koper kecil..  kita bawa koper sedang ajha.. soalle biar gimana kita juga yang bawa tuh koper sendiri.. emang siy selama di sana, ada yang ngurusin bagasi, cuman ada saat2 dimana kita kudu bawa tuh koper sendirian... jadi diperhitungkan gitu....

5. Uang Real
tukarin recehan di Indonesia ajha..di sana money changer banyak kok, cuman males ajha giliran mau belanja eh kudu nuker... bawa dollar juga males, katanya kalo lecek nilai tukarnya turun.. 

6. Perlengkapan individu 
Perlengkapan mandi, walo di hotel dikasih, tapi bawa juga gak papa..masukkan dalam tempat khusus..  gw kemaren sempet di apartemen, sementara cuman semalem karena transit dan peralatan mandi kadung di koper besar.. (bisa juga tanya ke tour and travelnya, apakah hotel semua atau ada apartemennya.. )

7. Obat2an.. bawa yang simple, mending bentuk kapsul, kaplet atau tablet..  takut pecah.. satukan dalam tempat khusus obat2an..(obat maag, obat merah, obat pusing,  obat flu, obat batuk,  obat tetes mata,  pokoknya yang biasa.. kalo bukan kita, mgkn temen 1 group ada yang perlu.. ), kalo ada obat pribadi jangan lupa di bawa...

buat cewek kalo gak jelas tanya ke temen yang udah tau atau ke dokter soal obat penahan haid, obat penahan haid macam2 cara minumnya, untuk lutenyl harus minum 7 hari sebelum berangkat dan diminum rutin satu kali sehari, bila minum jam 9 pagi maka minumlah jam 9 pagi waktu arab saudi jangan lewat atau kurang, dan ada juga yang minum 2x sehari, ingat waktu harus disesuaikan dengan awal waktu minum di tanah air. Dan hentikan minum setelah selesai atau sampai di tanah air, biasanya siklus kita akan normal kembali 2-3 minggu  kedepan. 

8. Sabun cuci.. bisa cair atau bubuk.. masukkan dalam botol plastik (gw kemaren pake botol kecap plastik yang biasa buat di meja2 itu loh..  jadi ringkes dan gak bocor kemana2)..  ada tuh bubuk yang sekalian pelembut.. jadi wangi deh.... )
gw kemaren sempet laundry di hotel Mekkah.. 1 baju 4 real.. celana panjang 5 real.. kalo mau nyuci sendiri juga bisa, di kamar mandi bakalan banyak jemuran.. huahahaha.. tapi cepet kering kok.. (kalo dapet room mate yang asyik, kegiatan nyuci jadi seru... huahahahaha....)

9. Baju, celana panjang atau rok
udara di sana panas, tapi gak keringatan.. bawa baju2 yang tipis ajha . bawa baju secukupnya saja.

10. Parego (buat cewek)
Bawa 3 juga cukup, kalo ada yang panjang (nutupin dada) bisa sekalian dipake buat thawaf dan sa'i. bawa yang simple, ringan.. gak usah tebal2.. 

11. Baju umrah
kalo beli biasanya sekalian dengan parego, sarung tangan dan kantung (ini buat haji)..baju umrah itu tidak harus putih, karena syarat sah nya umrah bukan pake baju putih.. asal menutupi aurat.. warna lain dan kembang2 juga boleh kok.. terbukti saat thawaf dan sa'i banyak berwarna dan bercorak.. jadi begitu warna putih wah dah ketahuan banget dari Indonesia.. Bawa 2 ajha..  kalo mau umrah berkali2 dengan baju putih itu jadi dah siap... 
cari bahan yang tidak tebal dan enak dipakai... 

12. Mukena
Biasanya 1 di kasih ama tour and travel nya.. mau bawa 1 lagi juga boleh..   bawa yang tidak berat, tidak banyak bordirnya.. cari yang ringan ajha... bisa di pake juga buat thawaf dan sa'i.. kalo terlalu lebar bisa nyangkut kemana2... 

13. Sarung tangan umrah ,  kalo thawaf dan sa'i mau pake sarung tangan (pake parego, bukan mukena) cari yang pengikat pergelangan tangannya kuat jadi gak lepas2... 

14. Sarung boleh bawa..  karena walo di luar panas, di kamar hotel AC lumayan dingin.

15. Handuk kecil buat penutup kepala.. saat jalan2 keluar atau saat thawaf siang hari boleh tuh pake handuk yang di basahin supaya kepala tetep dingin.. 

16. Kaos kaki.. cari yang tipis..

17. kantong sandal..
selama masuk mesjid sandal harus di lepas.. thawaf dan sa'i pun tanpa sandal.. jgn khwatir soal panas kalo thawaf siang hari, gak panas kok lantainya..  ada siy penitipan sandal tanpa penjaga, cuman kan males ajha kalo nitipnya di mana, keluar mesjidnya lewat mana...

18. tas pinggang (ada juga tour and travel yang ngasih tas pinggang, tas cangklong, dll)... ini lebih enak ketimbang pake tas cangklong..  ukuran siy terserah ajha..

19. Payung lipat kecil..  dipake kalo pas keluar, karena panas dan silau, kalo thawaf kayaknya malah bikin ribet.. 

20. kacamata hitam, ini lebih sering kepakenya.. karena jadi teduh di mata.

21. Masker penutup hidung. Ini dipake kalo keluar, penahan debu dan bisa juga buat nutupin muka dari sengatan matahari. ..

22. Sun block. Gw bawa yang spray, lebih enak dan cepat meresap dan tidak lengket. Abis mandi, pergi atau tetep di hotel gw tetep pake.

23. Lotion tangan/ kaki. Karena panas, kulit talapak kaki suka pecah2, jangan lupa setiap abis mandi sering2 pake lotion.

24. Lip Balm jangan lupa, bibir jadi kering dan bisa berdarah. 

25. Baju tidur.. terserah ajha siy mau khusus bawa baju tidur atau enggak.. jumlah juga terserah

26. Pakaian dalam.. buat cewek bawa secukupnya ajha, kalo di cuci juga cepet kering.. kalo mau bawa yang sekali pake juga banyak dijual..

27. Makanan kering.. kalo bosen menu di hotel..

28. Semprotan air kalau merasa perlu.

29. Cewek kalo belanja gw saranin jangan sendirian, kalo bisa niy.. diusahain gitu ada cowoknya.. syukur yang bisa bahasa Arab..  bisa2 di goda-in ama penjualnya.. soalle jarang banget penjualnya yang cewek.. Naik Taksi juga gitu.. jangan sampe di puter2in belom nyampe ke tujuan udah diminta sekian puluh real..

30. Biasanya tour and travel gak dampingin selama di sana.. jadi kalo umrahnya dah selesai akan banyak waktu kosong selain jadwal ziarah yaa.. nah banyak2in berdoa di mesjid dan usahakan tiada hari tanpa thawaf (di Mekkah).. kalo jadwal ziarah pastiin jam keberangkatan, jangan sampai ketinggalan rombongan.. Kalo perlu catat no HP temen2 sejama'ah dan orang2 tour and travelnya...terkadang temen2 sejama'ah punya acara ke tempat2 yang diluar jadwal Ziarah.. nah kita kudu aktif tanya2, ngobrol2 ama yang udah pernah, kira2 tempat mana yang  lebih  asyik di kunjungin.. lebih bagus siy emang ngabisin waktu di mesjid.. tapi boleh lah kalo ke tempat2 lainnya.. misal percetakan Al Qur'an dan Peternakan Onta (beli susu Onta katanya bagus utk yang udah nikah.. beli hati onta utk obat asma, katanya..). 

31. Pulsa dan HP
gak perlu lah pake nomer lokal,  prepaidnya seharga 250 real dapet pulsa 200 real.. kalo pun pake no Indonesia ya jgn boros ajha.. bisa juga tanya2 dulu sebelum berangkat tarif seluler setempat berapa.. berapa voice dan SMS nya.. jadi nggak jebol Kalo pake prepaid, pastiin bisa International Roaming gak.. 

32. Penggunaan bahasa..  bahasa Inggris agak sulit diterapkan ..hehehehe.. soalle kita lewat ajha banyak penjual yang bilang.. "Siti Rahma, mampir dulu.. lihat-lihat.. murah..murah... apa kabar..?..." 
saat nawar lebih banyak dibantu pake bhs isyarat.. entah pake jari tangan atau pake tulisan di kertas atau di kalkulator.. huahaha.. kalo satuan 1, 2, 10, 150 real gitu siy mereka udah faseh kok..

33. Sebelum berangkat.. baca2 sejarah Rasul deh.. mulai di Jabal Nur, Jabal Tsur, Jabal Rahma dll.. jadi saat di lokasi tuh berasaaa banget gimana perjuangan beliau begitu hebatnya.. juga sejarah sahabat Rasul.. 

34. Oh yaa.. soal digicam, handy cam dan phone camera.. selama masuk mesjid gak boleh di bawa.. dan di depan mesjid ada penitipan barang.. kalo di Madinah 1 jam = 1 real.. lebih dari 1 jam bayar 1 real lagi.. kalo di Mekkah sekali titip bayar 5 real.. gw gak berani bawa HP yang ada kameranya.. apalagi digicam Foto depan Mesjidil Harram juga suka dilarang..

35. Makanan setempat.. di Madinah dan di Mekkah banyak orange juice yang asli dan roti kebab.. kalo beli aqua bilang ajha "Moya".. harganya 1 real..  Soft drink kaleng juga 1 real.. banyak makanan Indonesia.. 

36. Tanda buat di koper.. bikin tanda atau label nama yang enggak gampang copot dan yang gak luntur kena air.. soalle segitu banyaknya koper jamaah dan koper yang dari tour and travel kan sama semua..  lebih baik siy yang pake pita warna warni, jadi dari jauh dah cepet ketahuan... kalo mau di pakein label nama lengkap dengan alamat di Indonesia juga gak papa... 

37. Air Zam-Zam..  biasanya di kasih ama tour and travelnya dan diserahin ke kita saat di Bandara Jakarta.. kalo bisa sebelum dibungkus rapat, standar peraturan di bandara Jeddah di tulisan nama masing2 atau nama groupnya pake spidol..  walopun ini semua udah di urusin ama tour and travelnya tapi gak ada salahnya kita saranin seperti itu..
Nah saat keluar dari bagasi, gampang ngenalinnya dan syukur kalo ada pihak tour and travelnya yang ngurusin di bandara Jakarta.. bisa juga team leader jama'ah.. jadi semua dipastikan bisa bawa pulang.... 

Oh iya.. air zam-zam selama di Mesjid Nabawi dan di Mesjidil Haram hampir setiap sudut di temuin..jadi gak perlu khawatir kehausan saat di dalam Mesjid.. mau bawa botol dari hotel juga boleh..  untuk yang dingin ada tanda tulisan arab warna hijau.. kalo di Madinah utk yang dingin terasa banget.. kalo di Mekkah walo ada tanda tulisan arab warna hijau, dinginnya kurang terasa.. mgkn karena suhu lebih panas dan tidak semua di Mesjidil Haram ada AC nya.. 

38.  Doa titipan teman2 dan Oleh2.. , Allah Maha Mengetahui dan Maha Mendengar.. jadi kita berdoa gak perlu di sampaikan satu2.. yang titip via SMS kata Ustad gw juga gak perlu di bawa HP nya dan di baca SMS nya.. bilang ajha kalo teman2 titip doa.. dan mohon di kabulkan.. apa doa-nya Allah Maha Mengetahui.. 

39. Jama'ah di Mesjid... biasanya kalau pas shalat dhuhur dan magrib (biasanya sampe nunggu ashar dan isya di mesjid) jamaahnya penuh banget... dan keluarnya pasti berduyun2.. mendingan kalo mau keluar, tunggu agak sepi.. 

40. Toleransi dan kekeluargaan.. sesama jamaah harus bisa toleransi dalam hal apapun.. apalagi saat ibadah seperti ini, di mana ucapan saling di jaga.. apalagi sama room mate.. jelas2 baru kenal, malah ada yang baru kenal saat pembagian kamar hotel.. kalo pas dapet yang cocok, mah seru2 ajha... soalle mulai soal berbagi kamar mandi, ada yang tidur sukanya lampu mati, ada yang gak kuat dinginnya AC, semuanya memang butuh toleransi dan rasa kekeluargaan.... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat