SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Jumat, 22 Juli 2011

KOMUNIKASI MODAL INTI  MENJADI PEMIMPIN

“Menjadi pemimpin itu mudah? “  Siapa bilang demikian, kalimat tersebut bisa saja meluncur dari orang yang memang merasa mudah dalam memimpin, tetapi tunggu dulu , bagaimana dengan kalimat dari orang yang dipimpinnya, bisa saja yang keluar adalah keluhan dan umpatan dari orang yang dipimpin, karena merasa bos yang selama ini memimpinnya hanya memberikan perintah seenak hatinya saja tanpa mengetahui apa sebenarnya yang diingini oleh bawahannya.
Apabila kita diamanahkan sebagai pemimpin di tempat  kita bekerja ,pernahkan kita menanyakan tentang kabar keluarga bawahan kita? Atau kita hanya memberikan tugas tanpa memberikan penjelasan maksud dan tujuan mengapa bawahan anda harus melakukan pekerjaan yang kita beri? Sudahkan kepemimpinan kita menduplikasi kepemimpinan Rasulullah saw? Yang tidak pernah memaksa dalam memberikan tauladan, yang melayani sebelum dilayani oleh sahabatnya, dan ternyata  terbukti bahwa rasulullah menjadi pemimpin yang dicintai oleh sahabat-sahabatnya bahkan dicontoh ummatnya hingga akhir zamn.

Kunci  sebenarnya yang telah diajarkan rasulullah adalah terjalinnya komunikasi yang  baik antara yang dipimpin dan yang memimpin, Dalam kepemimpinan beliau,  Rasulullah selalu mengajak para sahabat untuk berkumpul untuk merundingkan apa yang harus dilakukan atau untuk memberikan pemahaman kepada para sahabat apabila ada hal yang tidak diketahui sahabat-sahabatnya. Begitupun halnya yang harus kita lakukan adalah menjalin komunikasi yang baik antara kita dan bawahan, kapan waktunya kita menjadi pendengar dan kapan waktunya untuk berbicara.

Ternyata komunikasi tidak hanya berhenti sampai pada internal kita, kepada pihak eksternal kita harus menguatkan hubungan dengan cara menjalin komunikasi , minimnya komunikasi akan menimbulkan misscomunication, akan menimbulkan prasangka yang tidak seharusnya terjadi, bahkan membawa efek yang berkepanjangan yaitu menurunnya kepercayaan customer kepada kita. Apa yang harus kita lakukan bila komunikasi tidak berjalan dengan baik dengan internal kita. Apabila komunikasi hanya bagus pada level atas namun tidak ada perbaikan hingga pada level bawah , apakah usaha yang ada akan berjalan sesuai dengan yang kita inginkan? Atau  target kita tercapai ? tentu saja tidak akan dengan mudah mencapai keberhasilan sesuai target  apabila pihak yang sering berhubungan dengan pihak luar tidak memiliki skill komunikasi yang baik, tidak  mengetahui informasi yang up to date,  Rangsang kebahagiaan bawahan kita dalam bekerja dengan memperbaiki komunikasi , bagaimana membangkitkan perasaan mereka dapat bekerja merasa dihargai dan dibutuhkan jadi entry point nya adalah inti untuk menjadi seorang pemimpin adalah komunikasi, walau sifat lainnya tetap harus diperlukan seperti rendah hati, jiwa melayani, jujur , bertanggung jawab dan sifat-sifat yang telah dicontohkan oleh rasulullah SAW.

Di perusahaan terkemuka selalu mengedepankan komunikasi dengan para karyawannya.             Bahkan ketika perusahaan tersebut mengalami krisis , justru yang dilakukan oleh perusahaan tersebut adalah bagaimana caranya meningkatkan kesejahteraan karyawan bukan menaikan gaji para eksekutifnya. Menyejahterakan tidak hanya dalam bentuk materi saja namun juga dari meningkatkan komunikasi yang dijalin oleh perusahaan kepada para karyawannya, karena yang mengetahui tingkat kesulitan bekerja secara teknis adalah karyawan. Apabila komunikasi telah terjalin secara utuh dalam semua lini perusahaan insya allah satu sama lain akan menunjang keberhasilan team dalam mencapai target yang telah ditetapkan, dan tugas  bagi anda yang menjadi pemimpin tidak terlalu dipusingkan dengan masalah bawahan, Mari perbaiki komunikasi untuk menjadi pemimpin yang baik seperti yang diajarkan Rasulullah SAW, Insya Allah kerja akan semakin ringan dan omset tinggi tercapai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat