SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Rabu, 20 Juli 2011

METODE PENDIDIKAN ANAK SECARA ISLAM
"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan"
 (At-Tahrim: 6)

Dari ayat diatas menjelaskan, bahwa ALLAH SWT telah memberikan kepercayaan kepada para orang tua untuk menjaga dan mendidik anak-anak mereka. Orang tua memiliki tanggung jawab untuk membesarkan anak-anak mereka dengan cara Islam. Jika mereka melakukan itu, ALLAH SWT akan memberikan keberkahan  dalam kehidupan  di dunia dan di akhirat. Sebaliknya jika mereka tidak mendidik anak-anak secara Islam, mereka akan mendapatkan hasil yang buruk selama hidup di dunia dan di akhirat.

Dan Rasulullah SAW juga bersabda, “Kaum lelaki adalah pemimpin bagi keluarganya di rumah, dia bertanggung jawab atas keluarganya. Wanita pun pemimpin yang mengurusi rumah suami dan anak-anaknya. Dia pun bertanggung jawab atas diri mereka...” (HR. Bukhari).

ALLAH SWT akan meminta pertanggungjawaban setiap orang tua tentang anaknya, dan Rasul SAW juga bersabda “Didiklah anak-anak kamu tiga perkara: Kecintaan kepada Nabi kamu, kecintaan kepada keluarga baginda Nabi dan membaca Al Quran.” (HR At-Thabrani). Orang tua harus memberikan contoh yang baik kepada anak-anak mereka dalam semua hal termasuk dalam mencari nafkah serta mengkonsumsi makanan yang halal dan thoyyib untuk anak-anak mereka, sehingga tidak ada makanan yang haram ataupun syubhat masuk ke tubuh sang anak.

Dalam suatu kajian dakwah yang pernah disampaikan di Taiwan, Berikut ini terdapat 9 tips untuk membesarkan anak secara Islami yaitu:
 
1.  Menanamkan aqidah tauhid yang benar kepada anak. Mengenalkan bahwa ALLAH SWT adalah Sang Maha Pencipta. Mengenalkan para Malaikat, para Rosul/Nabi, kitab ALLAH, surga dan neraka, Nabi Muhammad SAW dan para sahabat Nabi.

2. Mengajar anak tentang prinsip-prinsip agama, alqur’an, hadist, dan mengajari ibadah sholat. Nabi Muhammad SAW bersabda ”Suruhlah anak-anakmu mengerjakan shalat ketika mereka berumur tujuh tahun dan pukullah mereka ketika meninggalkannya apabila mereka telah berumur sepuluh  tahun dan pisahkanlah tempat tidur  mereka.”(HR. Imam Ahmad)

3.   Mengajarkan nilai-nilai perbuatan yang  baik dan efeknya pada individu dan
masyarakat, serta menunjukkan akibat dari perbuatan buruk sesuai kemampuan
pemahaman anak. 

4.  Orang tua harus menjadi contoh yang baik dalam perilaku mereka karena anak-anak suka meniru orang tua mereka dalam ucapan dan perbuatan mereka. 

5.   Memperlakukan anak dengan baik dan ramah.
 
6. Memilihkan lingkungan dan teman yang baik bagi anak-anaknya untuk menghindari pengaruh yang buruk, karena anak-anak selalu dipengaruhi oleh lingkungan dan teman mereka. Rasulullah pernah bersabda,“Seseorang itu dipengaruhi oleh agama teman-temannya. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dengan siapa kita bergaul”
. 
7.   Memberikan pemahaman kepada anak tentang persaudaraan antara muslim,
mencintai dan berkasih sayang kepada saudara muslim, ia adalah bagian dari tubuh
muslim, merasa sukacita ketika ada saudara muslim yang berbahagia, dan merasa
sedih jika ada muslim yang menderita.
 
8.  Memasukkan anak-anak ke sekolah / lembaga pendidikan yang mengajarkan tentang  Islam dan ilmu pengetahuan umum untuk bekal hidup.

9.   Mendidik anak supaya taat dan beradab kepada ibu bapaknya, kepada guru dan orang yang lebih tua darinya.

Mitra AHAD-NET yang berbahagia, mari kita jadikan kesuksesan mendidik anak menjadi bagian dalam kesuksesan hidup kita di dunia dan akhirat. Wallahu ‘alam bishowab

(jos dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat