SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Jumat, 22 Juli 2011

Mempertahankan Pelanggan? BISA !!!
Ada dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam aktivitas usaha, yaitu penjual dan pembeli yang satu sama lain saling berinteraksi , baik usaha di bidang jasa maupun perdagangan. Demikian juga berbisnis di  AHAD-NET , sebagai seorang mitraniaga baik yang mendapat amanah mengelola mitrasalur ataupun yang menawarkan produk kepada mitraniaga atau pelanggan lainnya, tentu berkeinginan bisa meraih kepercayaan penuh dari pembeli, baik dari produk ataupun jasa yang ditawarkan sehingga akhirnya menjadi pelanggan atau mitraniaga yang loyal dalam membeli, memakai bahkan mempromosikan produk yang dipakai kepada pelanggan lain.
Mitraniaga AHAD-NET  yang berbahagia, ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk mempertahankan  pelanggan agar selalu datang kepada kita berbelanja dan mensukseskan produk yang kita tawarkan.  Ada pepatah mengatakan bahwa “ Pembeli adalah raja “, dan tentunya penjual tidak akan bisa menjual bila tidak ada pembeli , begitupun sebaliknya. Mempertahankan pelanggan jauh lebih sulit daripada mendapatkan pelanggan baru. Setiap kegiatan usaha akan berlomba-lomba mempertahankan pelanggan dengan berbagai cara agar si pelanggan tidak pernah menjadi pelanggan di tempat lain. Berikut ini kiat sederhana untuk mempertahankan pelanggan agar selalu kembali datang membeli produk kita.
  1. Menyapa pelanggan dengan baik dan ramah, sambutlah dengan senyum ketika datang ke tempat kita
  2. Pro aktif menanyakan kepada pelanggan apa yang dibutuhkan. Walaupun hanya sekedar melihat-lihat, tidak apa-apa , jangan diabaikan, perlakukan seakan-akan pelanggan tersebut akan membeli.
  3. Berikan kualitas terbaik , jangan pernah membeli produk cacat, expire, ataupun rusak.
  4. Menepati janji. Usahakan setiap janji yang kita berikan kepada pelanggan  untuk selalu ditepati, jangan memberikan janji yang tidak bisa kita penuhi
  5. Ciptakan kekeluargaan. Jangan hanya terfokus pada hasil penjualan akhir saja namun ciptakan suasana kekeluargaan , agar pelanggan merasa senang berbelanja di tempat kita.
  6. Ciptakan ikatan psikologis dengan pelanggan , misal dengan mengirimkan ucapan selamat ulang tahun via sms ataupun telepon.
  7. Informatif. Menyampaikan informasi tentang produk baik  keunggulan maupun manfaat produk kepada pelanggan, memantau masa kemitraan anggota, atau lainnya, menginformasikan tentang informasi terbaru kepada pelanggan.
  8. Menangani komplain dengan baik. Selesaikan komplain yang masuk dengan bijaksana, segerakan follow up dan berikan hasil yang memuaskan kepada pelanggan.
Lakukan kiat-kita diatas dengan tulus dan ikhlas, berperanlah seakan-akan anda adalah seorang pelanggan , maka anda akan merasakan keinginan untuk dihargai dan apabila anda telah dihargai , maka anda akan berkeinginan untuk kembali datang ketempat dimana anda dihargai, karena pelayanan yang prima akan berujung pada kesetiaan pelanggan.
Selamat memulai usaha mempertahankan pelanggan , dan nikmati hasilnya. Selamat Mencoba.
(JOS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat