SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Jumat, 22 Juli 2011

TIPS JITU MENGATASI KELUHAN PELANGGAN
Bekerja di bidang jasa atau di bisnis manapun, kita tak akan pernah lepas dari uniknya karakter pelanggan yang memakai jasa ataupun produk yang kita tawarkan. Kembalinya pelanggan untuk membeli dan memakai lagi adalah hal yang dapat membuat kebahagiaan tersendiri dalam diri kita. Namun ketika kondisi tidak berjalan sebagaimanamestinya dan tidak sesuai dengan rencana yang kita harapkan tentunya kita tidak bisa lari dari apa yang dikenal dengan keluhan pelanggan. Berikut ini menurut Kevin stirtz terdapat beberapa cara untuk membantu menangani keluhan pelanggan apapun posisi  kita, jika mengikuti cara ini, kita akan bisa mengubah pelanggan yang tidak happy menjadi pelanggan yang loyal pada bisnis kita.
1. Mendengarkan dengan baik.
Berikan perhatian  secara penuh,tetap fokus, jangan 'separo mendengarkan'. Tuliskan apa yang mereka katakan. Pastikan kita memahaminya dan hanya fokus pada mereka.
2. Biarkan mereka berbicara.
Jangan menyela. Jangan menjelaskan, mempertahankan diri, atau memberikan penilaian. Mereka ingin marah dan melampiaskannya, jadi biarkan demikian.
3. Meminta ma'af dengan tulus.
Bersikap tuluslah dalam meminta maaf, walau sulit karena bisa jadi bukan kita yang menyebabkan masalah. Kita meminta ma'af  karena pelanggan mengalami hal yang tidak menyenangkan. Posisikan diri kita pada posisi mereka.
4. Tanyakan pada mereka bagaimana Kita bisa memperbaikinya. Dan lakukan dengan lebih.
Cara yang lebih baik adalah menanyakan apa yang mereka inginkan, dengan bersikap genuine dan sopan.

5. Meyakinkan mereka Kita akan memperbaiki masalah.
Karena Kita sudah mendengarkan dan memahami keluhan mereka, maka kita akan mengerti mengapa mereka begitu kesal. Ambil langkah berikutnya dan yakinkan mereka bahwa kita akan mengambil tindakan pencegahan agar tidak terulang kembali. Jika tidak, mengapa mereka harus kembali lagi? (Namun, kita juga harus memperbaiki masalah tersebut.)
6.  Berterima kasih pada mereka.
Tanpa feedback langsung dari pelanggan, kita tidak tahu apa yang bisa kita berikan pada pelanggan. Saat mereka mengatakan bahwa kita gagal memberikan informasi yang berharga, bagaimana kita bisa meningkatkan usaha kita. Mereka mengatakan pada kita apa yang perlu dilakukan agar pelanggan kembali lagi. Jadi, berterima kasihlah atas bantuan mereka
Mitraniaga AHAD-NET yang berbahagia, jika kita menangani setiap keluhan pelanggan dengan menggunakan langkah-langkah ini, Insya ALAH akan lebih banyak pelanggan yang kembali pada kita. Kita akan memiliki bisnis yang lebih sehat karena pelayanan kita yang terus membaik. Pelanggan yang loyal adalah dasar dari usaha yang sehat dan bertahan lama...SELAMAT MENCOBA.
(jos)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat