SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Jumat, 22 Juli 2011

INGIN SUKSES MENJUAL ???
KENALI KARAKTER CUSTOMER (PELANGGAN) ANDA

Dunia bisnis tidak bisa lepas dari transaksi jual beli, baik secara langsung maupun tidak langsung.  Dalam bisnis di bidang apapun, anda akan dihadapkan dengan pelanggan atau customer yang akan anda layani atau yang akan membeli produk anda. Menjalani bisnis di MLM AHAD-NET pun anda akan bertemu dan bersilaturrahim dengan calon mitraniaga atau calon pembeli yang menjadi konsumen anda. Berbagai cara kita gunakan untuk menarik  customer  kita sebut saja demikian agar tertarik untuk bergabung sebagai mitraniaga, downline kita bahkan syukur alhamdulilah sampai membeli produk yang kita tawarkan , dan menduplikasikan kepada yang lain sehingga penjualan terus menerus meningkat sehingga target untuk naik peringkat semakin terbuka luas untuk kita, karena tidak hanya bisa menarik customer untuk membeli, tetapi juga kita dapat dengan mudah mengembangkan jaringan lebih mudah.
Umumnya customer memiliki beragam karakter yang berbeda satu dengan yang lain. Secara gender saja customer pria berbeda prilaku dengan wanita. Bila customer pria cenderung to the point dan simple, sedangkan customer wanita cenderung berfikir lebih lama dan suka tawar menawar, namun keinginan wanita untuk membeli lebih tinggi  karena umumnya wanita cenderung konsumtif. Berikut ini karakter customer secara umum berdasarkan Vibizmanagement – Services .
1.   Sederhana- umumnya customer seperti ini tegas, praktis, cepat dalam menentukan pilihan, tidak suka komplain, membeli sesuai dengan keperluannya. Tips menghadapi tipe ini  jangan agresif, kemukakan manfaat produk  serta keunggulannya dari kompetitor lain dan bicara dengan sopan.

2.   Bergaya artist- umumnya customer seperti ini biasanya berpakaian modis seperti artis, selera tinggi (high class), senang menjadi pusat perhatian, suka melebih-lebihkan dan suka merendahkan penjual. Tips menghadapi tipe ini bersikaplah  ramah, sedikit menyanjung, karena mereka sangat brand minded sehingga tawarkan suatu produk yang bermerek dan berkualitas, jangan terpengaruh dengan kata-kata atau penampilannya dan ciptakan kesan bahwa pelanggan tersebut adalah tamu istimewa. 

3.   Detail – umumnya customer seperti ini senang akan hal-hal yang rinci, percaya pada data atau bukti dan berdialog panjang. Tips menghadapi tipe ini diperlukan pendekatan rasional dan dukungan fakta serta menyampaikan manfaat langsung yang didapatkan. 

4.   Ragu-ragu atau hati-hati – customer seperti ini umumnya tidak bisa mengambil keputusan yang cepat, selalu minta pendapat orang lain dan kurang percaya diri. Tips menghadapi tipe ini harus sabar, yakinkan  mereka dengan memberikan contoh /testimoni, tegas dan bantu mereka mengambil keputusan.

5.   Pelit – customer seperti ini penuh perhitungan, segala sesuatu diukur dengan uang, negosiator yang unggul. Tips menghadapi tipe ini perlu ekstra hati-hati, berikan yang terbaik padanya, tawarkan produk dengan diskon dan fasilitas pembayaran cicilan bila memungkinkan. 

6.   Banyak bicara – customer seperti ini suka mendominasi,mementingkan diri sendiri. Tips menghadapi tipe ini harus percaya diri, menguasai banyak bidang, jangan memberikan banyak pilihan padanya, jangan memaksa pendapat kita ikuti saja apa yang dikehendakinya dan jangan menyinggung perasaannya. 

7.   Banyak permintaan – customer seperti ini selalu tidak puas, suka membanding-bandingkan, suka komplain dan kritik, bila membeli barang selalu menanyakan hadiah ekstra, suka banyak bertanya padahal hanya iseng. Tips menghadapi tipe ini adalah dengan ramah, sabar, mendengar dan simak permintaannya, usahakan tersenyum , minta maaf bila ada komplain, bila tidak mampu melayani, segera minta bantuan atasan atau rekan yang lain.

8.   Tidak sabar customer seperti ini ingin dilayani dengan cepat, tanpa sadar suka meremas-remas benda yang dipegangnya, dan terkesan buru-buru. Tips menghadapi tipe ini adalah minta maaf bila terlambat dilayani dan layani dengan cepat. 
Dengan mengenal 8 karakter customer diatas, paling tidak anda sudah memiliki modal untuk bertemu dengan customer dan bersiap membuatnya menjadi downline anda  atau customer yang loyal bagi bisnis anda. Selamat Mencoba..
(jos: dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat