SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Selasa, 02 Agustus 2011

TIPS MUDAH BANGUN MALAM UNTUK SHALAT TAHAJUD 


Shalat sunah yang utama dan sangat dianjurkan adalah shalat TAHAJUD, dan waktu yang paling baik untuk mengerjakannya adalah pada sepertiga malam terakhir. Namun sangat berat bagi kita untuk bangun mengerjakannya, kalau kita tidak mempunyai niat yang kuat untuk mengerjakannya.

So buat teman-teman sekalian berikut ini yang ingin banget melaksanakan shalat tahajud, berikut ini TIPS2 yang dapat saya berikan:

NIAT YANG KUAT nan IKHLAS DALAM HATI
         Setiap amal ataupun aktivitas yang akan kita lakukan berawal dari NIAT, apabila niat kita kuat insya Allah, segala hal yang dapat menghalangi niat tersebut, dapat kita singkirkan, apalagi semua kita niatkan dengan ikhlas LILLAHI TA’ALA JANGAN TIDUR LARUT MALAM Apabila kita telah selesai mengerjakan tugas sekolah, atau tugas lainnya, usahakan jangan begadang hanya untuk hal yang tidak terlalu penting, missal nonton TV , sampai TV yang akhirnya menonton kita.

JANGAN TIDUR DALAM KEADAAN TERLALU KENYANG
        Setan akan sangat senang bila kita berlebih-lebihan dalam makan , karena ini akan sangat mudah bagi kita untuk tidur terlelap dengan pulasnya sampai pagi harinya, sehingga Shalat Tahajud yang kita telah rencanakan bisa kebablasan dech. Tidak hanya tahajud yang terlewat, dengan kondisi perut kenyang akan membuat kita malas belajar, juga malas berfikir, So yang sedang-sedang aja ok.

MEMBACA SHALAWAT NABI MUHAMMAD SAW
        Sebelum tidur biasanya kita selalu membaca Doa Tidur, namun untuk berniat bangun malam untuk shalat tahajud, tambahkanlah dengan membaca Shalawat nabi Muhammad 3x (Allahumma Shalli ‘ala syyidinna Muhammad, wa ‘ala alihi sayyidinna muhammad), kemudian berniat dalam hati “ Ya Allah, aku ingin bangun malam untuk shalat Tahajud, karena-Mu, semoga Engkau meridhoi niatku ini, Amin” (atau niat ini dapat disesuaikan dengan bahasa kita yang lainnya), kemudian setelah dibaca 3x dan diniatkan, maka tepuk bantal yang kita pakai sebanyak 3x juga, insya Allah, Allah akan membangunkan kita dengan sangat mudahnya pada jam-jam yang terbaik untuk Shalat Tahajud.

SHALAT ISYA DIKERJAKAN SETELAH TIDUR MALAM
         Apabila kita khawatir, akan kesulitan untuk bangun malam shalat tahajud, maka cara yang lain adalah dengan melakukan shalat Isya setelah kita tidur malam. Dan inipun kita harus azamkan dalam diri kita “ Bahwa saya berniat melakukan Shalat Isya bersamaan dengan shalat Tahajud di tengah malam”. Insya Allah apabila kita belum melaksanakan Shalat isya, tidur kita tidak akan terlelap, dan kita akan dengan mudahnya bangun ditengah malam untuk melaksanakan shalat isya dan tahajud, karena bila belum shalat isya kita selalu merasa punya hutang yang belum dibayar.

PASANG ALARM di JAM or HP
         Sebenarnya dari segi kesehatan, cara ini kurang disarankan, karena ini akan membuat kita terpaksa untuk bangun, tetapi tidak ada salahnya kita coba lagi cara klasik ini , namun terkadang yang terjadi adalah kita selalu mematikan weker kita sesaat setelah bunyi. Ada cara lain untuk menghindari hal itu yaitu: letakkan weker atau HP jauh dari jangkauan kita, jangan di tempat tidur. Dengan berniat untuk mematikannya ke tempat yang lebih jauh, membuat mata kita menjadi segar kembali, atau pada HP atur atau setting alarm kita manjadi bunyi yang berulang setelah beberapa menit, sehingga apabila kita telah mematikan pada bunyi pertama, maka pada 5 menit kemudian akan bunyi kembali. Bagaimana mudah bukan , selamat mencoba TIPS ini, semoga Allah meridhoi segala niat dan usaha kita demi menggapai ridho-Nya.

SEMOGA BERMANFAAT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat