SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Selasa, 02 Agustus 2011

SUDAH BERMAKNAKAH IBADAH RAMADHAN KITA?

Bulan Ramadhan telah memasuki hari ke-2, sudahkah dua hari berlalu dengan sia-sia atau penuh arti dan makna. memang sangat terasa proses try out pada bulan Rajab dan bulan Sya'ban, siapa yang banyak belajar sebelum ujian, maka di saat  ujian itu datang akan terasa ringan dan mudah. Bulan Rajab dan Sya'ban ada bulan dimana kita untuk membersihkan diri, berlatih untuk bersedekah, berpuasa sunah, sehingga kita bulan Ramadhan datang semuanya akan dilakukan dengan senang hati. Qiyamullail yang senantiasa dilakukan pada sepertiga malam terakhir akan meringankan Qiyamulail pada bulan Ramadhan, memudahkan mata ini terbuka untuk sahur dan tadarus Al Quran, sedekah dan infaq di bulan selain Ramadhan akan memudahkan tangan ini untuk mengeluarkan zakat fitrah dan zakat maal kita bila sudah mencapai nishobnya, akankan kita mengakali atau mencari trik agar zakat kita sedikit, naudzubilahmindzalik.

lalu bagaimana apabila pada bulan Ramadhan ini, seorang wanita terhenti berpuasa, karena sedang datang bulan? tetaplah melakukan amalan lain selain berpuasa dan shalat. Teruskan aktifitas ibadah lain yang dapat menambah pahala dan tidak mensia-siakan waktu di bulan penuh kemuliaan ini. Untuk wanita yang sedang datang bulan dapat melakukan kegiatan seperti berdzikir, infaq, zakat, shodaqoh, atau ketika sepertiga malam datang, apabila sudah terbiasa bangun, maka bangunlah , lakukan dzikir , hal ini untuk menghindari keinginan tidur yang berlebihan ketika masa suci sudah datang, jangan hentikan kebiasaan baik yang sudah rutin dikerjakan pada saat suci. Untuk mendapatkan pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa, maka berilah makan atau minum orang yang berpuasa, lakukan dengan ikhlas hanya untuk mencari ridho Allah SWT.

Ramadhan masih tersisa 27 hari lagi, apakah sisa waktu ini akan dihabiskan dalam kesia-siaan saja, atau justru sebaliknya akan semakin membentengi diri dari segalan nafsu dan maksiat? Semoga amal ibadah kita selama ini diterima Allah SWT. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat