SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Kamis, 04 Agustus 2011


ADA ApA di 
TRANS  STUDIO
bandung ???




Apa yang ada difikiran kita bila mendengar tentang Trans Studio? mungkin hanya sebagian dari kita yang tahu dan pernah datang ke trans studio, mungkin karena masih baru, dan letak tempat pertama yang jauh dari pusat ibukota, sehingga tidak banyak orang yang mengetahui tentang trans studio, berbeda bila dengan Dufan, bila ditanya tentang dufan, pasti banyak orang yang sudah tahu, bahkan bisa jadi datang berkali-kali kembali ke dufan, tidak hanya dari dalam kota saja, dari luar jakarta pun banyak yang memang menyegaja niat datang ke jakarta untuk ke dufan. Namun berikut ini akan saya paparkan beberapa hal yang saya ketahui mengenai kedua arena hiburan tersebut , yang Alhamdulilah baru-baru ini saya kunjungi, semoga pengalaman dan pendapat yang saya sampaikan dapat bermanfaat kepada pembaca tulisan ini. Untuk tulisan ini Trans Studio dulu yah...

WHAT IS TRANS STUDIO???

Sudah siapkah anda berada "di dunia penuh keajaiban yang diciptakan khusus untuk anda?" demikian kalimat propaganda promosi dunia hiburan baru yang ada di Bandung. Berita besar-besaran di televisi tentang wahana yang ada baik dari artis yang hadir pada saat pembukaan, maupun melalui berita infotainment yang mengembar-gemborkan kedahsyatan Trans Studio tidak hanya yang ada di Makasar pada saat di buka, di Bandung pun melebihi promo di Makasar. Berbondong-bondong ratusan manusia datang ke trans studio dibuka, dalam hal ini di Bandung, trans studio dibuka tepat pada saat menjelang liburan anak sekolah, tak pelak lagi arena ini dipadati oleh pengunjung  yang mengular,demikian yang saya tahu dari pemberitaan di televisi, ramainya terus berlangsung, namun tidak diinformasikan berapa harga tiket masuk ke trans studio Bandung, Alhamdulillah pada hari minggu saya dan keluarga ke bandung tepat pada hari terakhir anak sekolah libur kami tidak jadi mampir ke sana, karena ternyata hari senin besoknya , saya kembali ke Bandung  khusus untuk ke trans studio untuk membuktikan kehebatan wahana di trans studio. Sengaja saya datang dari pagi agar bisa menikmati semua wahana. Karena bisa datang di awal-awal pembukaan merupakan suatu kebanggaan tersendiri di saat orang lain belum banyak yang tahu dan berkunjung, dan akan menjadi rekomendasi apakah tempat ini cocok atau tidak untuk dijadikan tempat liburan.

Memasuki kawasan trans studio yang berada satu lingkungan dengan Bandung Super Mall di Jalan gatot subroto, memang terasa megah, seolah-olah sedang berada di luar negeri, bayangkan ada permainan jet coaster di tengah mall dalam kota, kemudian kami cari antrian yang dibuat memutar seperti ular, karena untuk antisipasi macet, saya fikir  senin ini adalah hari pertama anak sekolah masuk, pasti lebih sepi dan tidak antri, apalagi sekarang masuk jam kerja, namun ternyata antrian masih cukup panjang , " Apalagi kemarin-kemarin nih, pasti lebih panjang antriannya" demikian fikir saya. Akhirnya kami diarahkan untuk beli tiket di lantai 2 dekat dengan pintu masuk, Harga tiket di hari biasa Rp 150.000/ orang ditambah kartu transaksi mega cash Rp 10.000,-, senang dan bahagia sekali saat itu, dari pintu masuk terlihat ke arah dalam seperti kembali ke masa lalu, dan sebelum masuk penjagaan cukup ketat, dan ada tulisan untuk tidak boleh membawa makanan dan minuman ke dalam studio, dan terlihat banyak makanan dan minuman yang disita, daripada disita dan bawa barang berat akhirnya saya diarahkan ke loker penitipan barang, ternyata saya harus membayar satu loker seharga Rp 20.000 per loker, dan membayarnya harus menggunakan kartu mega cash tersebut ( sebelumnya tidak diinfokan bahwa transaksi hanya bisa dengan mega cash ini, dan harus diisi dengan uang tunai, karena ternyata didalam studio tidak ada transaksi dengan menggunakan uang tunai kecuali dengan kartu tersebut).

Masuk ke dalam studio, langsung jiwa artis saya yang sudah lama terpendam bangkit kembali, foto sana foto sini bak artis zaman dulu, karena memang design interiornya bagus banget, kemudian gak afdol rasanya datang ke tempat yang bagus kalau saya belum cek mushola dan toiletnya, dan alhamdulillah toilet serta musholahnya nyaman. sejauh ini menarik dan mengesankan banget buat saya.

Studio Central (Lokasi pertama, dari pintu masuk)

TRANS BROADCAST MUSEUM
Masuk ke museum ini berisi tentang bagaimana acara di televisi trans dimuat, ada kuis tentang acara di tv, juga bagi yang mengimppikan menjadi presenter acara investigasi bisa di shooting dengan membayar Rp 50.000, maka anda akan mendapatkan CD hasil shooting anda sebagai presenter, yang sebelumnya diberi pengarahan oleh petugas dan diberi 1 kali latihan. Boleh dicoba tuh bagi yang gak malu, karena banyak juga pengunjung yang nonton. sejauh ini masih bagus.

KABAYAN GOES TO HOLYWOOD
Katanya sih pertunjukannya megah dengan standar Internasional serta Menampilkan show setara Broadway, tapi sayangnya saya tidak menonton pertunjukan ini, karena ada jam-jamnya, tidak setiap jam ada, jadi rugi banget gitu loh, dan dari artikel tentang teater ini , ceritanya garing, lucunya dipaksa, jadi rasanya gak nyesel juga gak masuk ke teater ini.

YAMAHA RACING COASTER
"Roller coaster tercepat di dunia dengan manuver gerakan mundur yang sensasional . Hanya ada 3 di dunia ; 2 di Amerika dan 1 di TRANS STUDIO BANDUNG. Dengan teknologi LIM (Linear Induction Motor), anda akan tetap melaju menuju ketinggian 50 meter dengan akselerasi kecepatan hingga 120 km/jam dalam 3,5 detik. Dan mundur dengan kecepatan sama sampai kemudian berhenti ditempat semula." demikian promosi yang saya kutip, tapi memang saya tidak begitu suka dengan uji adrenalin yang seprti ini, jadi walau sehebat apapun, saya gak ingin naik, kalau yang suka silahkan mencoba...Eitttt tapi sebentar dulu walau saya tidak berniat naik, antrian  ke arena ini panjaaaaaaaaang banget jadi semakin membuat saya tidak bernafsu.

GIANT SWING
Hampir mirip tornado di dufan, dan antriannya juga panjanggggg banget, jadi saya juga tidak berniat naik. Fikir saya " Koq arenanya hampir sebagian besar uji nyali? sayang sekali sudah bayar mahal tapi uji nyali kebanyakan permainanya, eman-eman kalau bawa orang tua apalagi nenek, hanya bisa tunggu di luar arena saja, saya saja yang masih muda gak mau naik kaya gituan, paling tidak akan menjadi catatan buat saya"


MARVEL SUPERHEROES 4D

Waktu saya datang belum ada, kalau yaang ini sangat disayangkan yah kalau gak masuk, 4 Dimensi kan sangat menyenangkan

VERTIGO
Permainan mirip ontang anting di dufan, dan saya juga tidak naik permainan ini, gimana rugi kan???

TRANSCAR RACING
Arena balap mobil dengan sirkuit sungguhan, namun antrianya panjaaaang banget walau kita menggunakanjalur VIP ACCESS, untuk vip access ada ceritanya, nanti akan saya ceritakan, kenapa harus memakai jalur ini.

SI BOLANG
Saya fikir ngapain di si bolang ternyata seperti di Istana Bonekanya Dufan. Awalnya saya bingung kenapa ada jalur yang sangat panjang antriannya, namun di sampingnya ada jalur yang bertuliskan VIP ACCESS tapi kosong, dan di antrian yang panjang itu ada tulisan " Antrian 3 jam dari sini" kemudian karena saya nggak ngeh dengan tulisan itu akhirnya saya ikut2an antri, kemudian si mba dekatin saya " Mba, 3 jam antri ya mba ke lokasi Bolang", "Apa??? 3 jam, gak ada yang lebih lama lagi mba?" kagetku. kemudian aku tanya tentang jalur VIP access itu, kemudian si mba menjelaskan bahwa jalur VIP ACCESS itu hanya dapat digunakan untuk orang yang membeli gelang vip access seharga Rp 200.000/orang, maka orang tersebut akanbisa langsung masuk dengan mudah tanpa harus antri." APAAA? Rp 200.000, mahal banget, melebihi biaya tiket masuknya, benar-benar mengajarkan orang lain untuk mengutamakan uang diatas segalanya, hanya orang yang beruang yang bisa menggunakan vip access tersebut. kemudian saya keluar tidak jadi antri, ngapain saya antri 3 jam untuk sesuatu yang gak jelas, demikian fikir saya, dan ngapain juga bayar lagi 200.000, mending saya ke wahana yang lain saja, supaya waktu saya gak terbuang banyak, kan sayang-sayang udah jauh-jauh ke Bandung tapi gak naik apa-apa cuma antri 1 wahana saja. goodbye BOLANG ...sedihku

kemudian saya bergerak masuk lebih dalam ke arena studio, dan amazing banget suasana petualanganya luar biasa, saya melihat ada 2 lokasi lagi LOST CITY dan MAGIC CORNER. Kalau di lost city saya melihat ada perahu terbang diatas, kemudian ada seperti niagara di ancol, namun saya lebih teratrik untuk ke arah MAGIC CORNER, karena saya fikir sesuai namanya penuh dengan keajaiban, namun koq banyak yang duduk-duduk yah, kenapa mereka pada tidak ke wahana, bingung juga sih melihat situasi pada saat itu. didalam lokasi magic corner ada beberapa wahana seperti :

NEGERI RAKSASA
Melintas di lokasi ini, ternyata antrinya panjaaaaaang sekali, dan akhirnya daripada tak satupun wahana saya naiki, akhirnya saya sepakat untuk membeli VIP ACCESS seharga selangit itu kalau menurut saya. dan benar sekali, masuk ke NEGERI RAKSASA dengan mudah tanpa harus antri, serrrrrr saya langsung berada pada posisi depan. Menurut anda apa yang ada di Negeri Raksasa? saya berfikir, bahwa imajinasi saya akan dibawa keliling pada dunia raksasa yang besar-besar, indah dan seram, Namunnnn, apa yang  terjadi ternyata didalamnya adlaah permainan seperi RAJAWALI nya DUFAN...ihhhhh amit-amit deh, tau kan saya tidak suka arena seperti ini, langsung saja saya bilang kepada petugas bahwa saya tidak jadi naik ke arena ini, karena berbeda dengan bayangan saya, saya merasa ditipu dengan namanya, dan alangkah kasihannya orang yang rela antri 3 jam untuk naik wahana ini, apalagi di antrian tadi saya lihat ada ibu2 tua yang antri, duhhh apa memang dia tau kalau permainannya seperti ini. Seharusnya di depan wahana ada gambar permainan didalam,  karena memang tidak terlihat dari luar, akhirnya saya bertekad kalau mau masuk ke satu wahana saya harus tanya detail ke petugasnya arenanya seperti apa dan bagaimana. untung saja saya sudah pakai gelang vip acces jadi gak perlu antri lama-lama.

DRAGON RIDERS
nama yang keren menunggangi naga ala ksatria demikian iklannya, namun ketika saya datangi ternyata seperti gajah bledugnya Dufan, terbang naik dan turun diatas boneka naga plastik, dan saya pun mengurungkan naik, karena tidak mengherankan buat saya, sekali lagi saya merasa kecewa.

PULAU LILIPUT
Apa yang ada di fikiran anda? kita bisa masuk dan merasa menjadi orang paling kecil bukan? itu fikiran saya, ternyata saya terlalu terobsesi dengan permainan kalimat. Pulau Liliput khusus untuk anak-anak karena permainan didalamnya hanya untuk anak2 seperti mandi bola dan permainan yang sejenis. Tentu saja saya tidak masuk dong

DUNIA LAIN
Kemudian kembali saya menikmati sajian VIP ACCESS masuk ke wahana dengan mudahnya, tahukan rasanya ? saya merasa seprti seorang presiden yang sedang melintas jalan yang macet dan dikawal oleh pengawal hehehehe, namun saya sempat beristighfar"Astaghfirullah" saya tidak boleh sombong, sambil jalan melintas di jalur vip saya hanya menunduk tanpa mau melihat antrian, kasihan mereka harus antri 4 jam ke dunia lain, karena jalurnya panjang dan yang antri juga panjang. sebenarnya bukan karena merkea tidak punya uang, tapi karena mereka datang dengan keluarga besar, bayangkan bila datang 10 orang dan membayar lagi @ Rp 200.000, maka mereka harus membayar total Rp. 2.000.000,- untuk masuk ke tiap wahana dengan mudah.

Di dalam dunia lain saya gak kecewa nih, karena suasananya memang diciptakan menyeramkan, dan saya cukup tegang juga, mulai dari kisah misteri yang ada di film layar lebar, suster ngesot, hantu2 yang gentayangan dan banyak lagi, kita dibawa oleh kereta yang melintas di tempat hantu berada, juga ada foto tersembunyi yang akan emotret ekspresi kita. Kalau kita mau menebus foto kita, cukup mahal Rp 30.000 untuk satu foto.

SPECIAL EFFECTS ACTION
Sayang juga sih masih ada arena yang belum dibuka .seperti wahana ini yang menurut artikel yang saya baca wahana ini Pertama di Indonesia. Pertunjukan tentang rahasia di balik pembuatan film action. Bagaimana special effect ledakan di pompa bensin, atraksi tiang jatuh, dan mobil terhempas. 

Kemudian karena waktu sudah jam 2 siang , perut saya laperrr banget, akhirnya saya masuk ke rumah makan, karena uang di kartu sudah habis maka harus diisi ulang lagi supaya bisa bayar makanan yang akan dimakan. Untuk harga makanan lumayan sih gak  mahal-mahal amat, untuk minuman air mineral harganya 5000-an, juice Rp 15.000-an, ayam goreng dan nasi Rp 21.000,- mahal juga sih tapi tidak terlalu masih terjangkau lah, tapi jangan cari gorengan yah disini gak ada...hehehehe

Lanjut lagi, karena baru sedikit arena yang saya baru nikmati, kemudian saya meneruskan petualangan saya ke wahana LOST CITY, yang tadi membuat saya terkagum-kagum.

JELAJAH
Dengan mudahnya saya masuk diantara antrian pengunjung saya bisa langsung masuk ke pintu utama, didalamnya seperti Niagaranya Dufan, namun disekelilingnya ada suasana seperti seolah-olah kita sedang mengarungi ganasnya rimba Afrika demi menuntaskan misi penyelamatan. dan memang di JELAJAH ini kita merasakan sensasi jatuh dari air terjun setinggi 13 meter. sipp seneng deh

KONG CLIMB
Saya tidak masuk ke arena ini , karena ternyata berupa Wall Climbing dengan ketinggian lebih dari 15 meter. wahana ini gak antri, dan sepi peminat, Cape kaliii 

SKYPIRATES ' ZEPPELIN'
Suasana wahana ini baru saya rasakan pengalaman yang berbeda dengan menaiki kapal perompak & Melihat semua zona dari lintasan di ketinggian. kalau di dufan seperti naik komidi putar raksasa, tapi masih berbeda juga namun  mirip.

BLACK HEART'S PIRATE SHIP
saya kesini gak ya, gak tahu deh saya lupa, abis pada mirip-mirip sih, selain namanya pakai bahasa inggris jadi lupa deh, udah apa belum

AMPHITHEATRE
Berupa panggung pertunjukan teater adanya di tengah-tengah antara lokasi lost city dan magic corner, walaupun saya berkesempatan nonton, tetap saya tidak ingin duduk saja menonton, karena bagi saya kurang menarik.
Dari 20 wahana yang ada mungkin hanya sebagian kecil saja yang saya kunjungi, karena banyak faktor oh iya sampai lupa akhirnya dengan VIP ACCESS itu saya berhasil masuk ke wahana si Bolang dengan mudah, tanpa antri ehhh ternyata benar didalamnya seperti istana boneka, selain cuma sebentar, jalan masuknya jauh juga bo'...

Karena waktu sudah menjelang malam, akhirnya saya memutuskan untuk kembali ke jakarta, namun sebelumnya saya sempatkan mampir ke Trans studio store, dan supaya gak kaget harga souvenirnya cukup fantastis, tapi bagi anda yang tetap ingin membeli yah tidak masalah , sebagai informasi untuk gantungan HP dihargai Rp.25.000,- Pulpen Rp 10.000, Pin Rp 8000-an, Kaos  Rp 100.000 ke atas, Mug Rp 70.000,- boneka maskot berapa ya saya lupa...tapi buat kenang2an saya memutuskan untuk membeli yang paling murah saja yaitu pulpen dan pin dan mug 1  buah sekalian menghabiskan uang dalam mega cash.

Walau setiap wahana boleh dinaiki berulang-ulang, tetap saya tidak ingin masuk lagi walau saya punya vip access yang bisa masuk tanpa antri, karena tidak ada yang berkesan dihati saya. namun menjelang pulang menuju pintu keluar disebelah kiri ada studio foto, dimana kita bisa foto dengan beragam gaya dan backgroundnya diganti sesuai yang kita inginkan ada background : Bukan Empat Mata, acara INSERT, dan background lainnya, dengan membayar Rp 50.000 dapat 1 foto ukuran 3R serta boleh minta filenya kalau bawa flashdisc atau memory , akhirnya saya dan pasangan juga tidak menyia-nyiakan narsis kami diekspos, ACTION....jadilah kami berdua seperti dalam acara INSERT, Investigasi Selebriti.

Semua pilihan ada pada anda, jangan percaya iklan yang boombatis begitu pesan saya, mau tetap datang ke Trans Studio? atau berfikir lagi serta mencari alternatif liburan lain bersama keluarga besar anda? Semuanya terserah Anda, karena anda yang memegang kendali untuk anda dan keluarga.

Semoga tulisan pengalaman pribadi saya ini bisa bermanfaat dan membawa kebaikan untuk kita semua. Amin











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat