SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Sabtu, 03 Desember 2011

" IBADAH HAJI “

               Ketika panggilan Allah SWT itu telah datang kepada kita untuk melengkapi rukun islam yang ke-5 , tidak ada yang mampu mencegah panggilan itu, semua terasa mudah, dan indah, tidak ada istilah takut tidak punya uang, takut tidak mampu dll, namun semuanya terasa dipermudah oleh Allah SWT. Ketika segala hambatan dihilangkan maka muncullah kemudahan2, apalagi Allah SWT tidak memberatkan pelaksaan haji ini kepada hamba-Nya, hanya orang yang dimampukan oleh Allah SWT yang diwajibkan untuk menunaikan rukun islam ke -5 ini , mampu secara finasial maupun fisik. Sesungguhnya syarat haji adalah : islam, akil baligh, dewasa, berakal, waras, orang merdeka, dan mampu baik dalam hal biaya, kesehatan, keamanan, dan nafkah bagi keluarga yang ditinggal berhaji.

Awalnya mungkin kita akan bingung, bagaimana nanti disana, apa yang harus kita persiapkan, apa yang harus kita lakukan, bagaimana cara berkomunikasi disana, bagaimana mengenali lokasi, sedangkan yang  dinegara kita sendiri pun kita sering tersesat, kita sering tidak tahu harus berbuat apa2, namun semua nya berpulang kepada kehendak Allah , semua telah diatur dengan mudah, pemerintah kita pun telah membuat dan mengatur pelaksanaan ibadah haji untuk rakyatnya menjadi lebih mudah, berawal dari adanya manasik haji, dengan manasik haji semua dituntun , dijelaskan secara mudah dan jelas, didalamnya akan dijelaskan segala hal aturan tentang haji yang mana telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Kita harus memahami yang mana rukun haji, rukun umroh, wajib haji, wajib umroh, apa itu dam, dan kapan saja pelaksanaannya, jenis-jenis haji, dll. Insya allah dengan kita memahami dan belajar tentang tata cara haji dan segala kaitannya dengan haji akan sangat mudah bagi kita, sehingga kita benar2 menjaga haji dan umroh kita, kita jaga agar sesuai dengan tuntunan Rasul, kita berhaji dan berumroh dengan ilmu, dan yang teramat penting adalah kita ikhlas dengan ketentuan Allah SWT, karena setelah sampai disana kita harus selalu menjaga semua perkataan kita baik lisan maupun hati kita , perbanyak istigfar apabila ada sesuatu yang tidak berkenan dengan kita, dan selalu kita minta kepada Allah agar diberi kesabaran dan kemudahan dalam melakukan perjalanan ibadah haji, karena yang berhak menentukan kemudahan hanya Allah SWT.
Rukun haji adalah perbuatan-perbuatan yang wajib dilakukan dalam berhaji. Rukun haji tsb adalah: Ihram , Wukuf di Arafah , Tawaf ifâdah ,Sa'i ,Mencukur rambut di kepala atau memotongnya sebagian dan tertib . Rukun haji tsb harus dilakukan secara berurutan dan menyeluruh. Jika salah satu ditinggalkan, maka hajinya tidak sah.
Wajib Haji diantaranya adalah Memulai ihram dari mîqât (batas waktu dan tempat yang ditentukan untuk melakukan ibadah haji dan umrah) , Melontar jumrah ,Mabît (menginap) di Mudzdalifah,Mabît di Mina ,Tawaf wada' (tawaf perpisahan). Jika salah satu dari wajib haji ini ditinggalkan, maka hajinya tetap sah, namun harus membayar dam (denda).
Larangan dalam haji dan umroh sangat perlu kita perhatikan yang tidak boleh dilakukan oleh orang yang sudah memakai pakaian ihram dan sudah berniat melakukan ibadah haji/umrah adalah: Melakukan hubungan seksual atau apa pun yang dapat mengarah pada perbuatan hubungan seksual , Melakukan perbuatan tercela dan maksiat , Bertengkar dengan orang lain , Memakai pakaian yang berjahit (bagi laki-laki) ,Memakai wangi-wangian , Memakai khuff (kaus kaki atau sepatu yang menutup mata kaki) ,Melakukan akad nikah ,Memotong kuku ,Mencukur atau mencabut rambut ,Memakai pakaian yang dicelup yang mempunyai bau harum ,Membunuh binatang buruan , Memakan daging binatang buruan .
Insya Allah, apabila kita datang dengan hati yang ikhlas maka Allah akan selalu menolong kita, banyak keajaiban yang akan kita peroleh di tanah suci baik yang kita sadari maupun yang tidak.sebelum kita berziarah ke dua tanah suci perasaan dan hati kita sangat ingin untuk berziarah ke 2 tanah suci namun ketika kita telah disampaikan ke al haramain, maka ketika kita akan dipulangkan kembali ketanah air, maka air matalah yang bercucuran tiada henti, sedih dan pilu ketika akan pergi , kapan akan kembali, hanya dengan doa agar kita dimampukan untuk kembali lagi dengan biaya yang bersih dan halal serta banyak serta kesehatan yang nikmat sehingga dapat disampaikan kembali, dan ketika telah sampai ke tanah air , dan waktu berhaji kembali datang seiring tahun, hanya rindu yang teramat sangat meronta-ronta dalam hati ini mendorong air mata untuk keluar mengalir karena kerinduan yang ingin kembali berkunjung namun apa daya belum ada kemmapuan lagi untuk sampai kesana , hanya doa yang dapat disampaikan semoga Allah SWT menjadikan diri kita sebagai tamu mulia-Nya ke AlHaramain.insya Allah. Labbaik Allâhumma labbaik, labbaik lâ syarîka laka labbaik, inna al-hamda, wa ni'mata laka wa al-mulk, lâ syarîka laka ...Artinya: Aku datang ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu; Aku datang, tiada sekutu bagi-Mu, aku datang; Sesungguhnya segala pujian, segala kenikmatan, dan seluruh kerajaan, adalah milik Engkau tiada sekutu bagi-Mu.
 (November 2009)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat