SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Senin, 19 Agustus 2019

*BELAJAR DARI NABI YUNUS*

oleh : Wildan Nugraha
_Quranic Motivation_

*********

وَذَا ٱلنُّونِ إِذ ذَّهَبَ مُغَٰضِبٗا فَظَنَّ أَن لَّن نَّقۡدِرَ عَلَيۡهِ فَنَادَىٰ فِي ٱلظُّلُمَٰتِ أَن لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبۡحَٰنَكَ إِنِّي كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

Dan (ingatlah kisah) Zun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, ”Tidak ada tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zhalim.”

-Surat Al-Anbiya', Ayat 87-

Lelaki itu bernama Yunus bin Matta. Ia tinggal disebuah negeri bernama Ninawa namanya. Ia berdakwah dinegerinya. Namun apalah daya seruan demi seruan tak dihiraukan oleh kaumnya.

Dalam puncak keputusasaannya ia akhirnya marah, pergi meninggalkan kaumnya. Marah karena seruan demi seruan. Nasehat demi nasehat. Tak didengarkan oleh kaumnya, mereka tak bergeming.

Maka seperti itulah hidup kita yang terkadang merasa jengkel, ketika nasihat kebaikan yang kita serukan tak mendapatkan respon baik.

Nabi Yunus kemudian pergi, berjalan dan berjalan sampai ia naik keatas sebuah perahu. Ia menyangka bahwa Allah tak memiliki kuasa. Nabi Yunus pergi tanpa perintah Allah. Meninggalkan kaumnya tanpa ada arahan.

Angin berhembus kencang, badai dilautan, ombak menggunung tinggi. Kapal akan karam, kemudian mereka mengeluarkan seluruh muatan dalam kapal. Namun sayang kapal masih limbung. Mereka berpikir, seseorang harus di keluarkan dari kapal untuk meringankan beban. Kesepakatan dibuat... Dilakukan undian, siapa yang tertulis namanya harus dilemparkan kelaut.

Undian pertama, yang keluar adalah nama Nabi Yunus. Mereka masih tak percaya, karena Yunus adalah orang yang baik. Undian kedua, nama keluar... Masih juga Yunus. Nama ketiga pun sama... Yunus yang keluar. Mereka percaya nampaknya orang ini yang membawa sial.

Dilemparlah Yunus kedalam lautan, Tak lama... Seekor ikan hut (Paus) menyambar tubuh lemah Yunus yang terombang ambing dilautan. Ditelannya, terlemparlah Yunus kedalam perut ikan tersebut. Ia berada dalam kegelapan teramat sangat

Sebagian mufassirin ahli tafsir mengatakan. Bahwa Yunus berada dalam 3 kegelapan. Gelapnya perut ikan, gelapnya dasar samudra, gelapnya malam.

Inilah gelap diatas gelap. Bisa kita bayangkan betapa sesaknya tatkala kita terjebak dalam suatu ruangan tanpa secercah cahaya sedikit saja. Betapa lemahnya Nabi Yunus.

Maka ia pun... Berdoa dikedalaman perut ikan paus, sebuah rintihan doa yang akhirnya menggetarkan seluruh penduduk langit. Menggetarkan ArasyNya Allah. Ringkih doanya ;

_"Laa ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzhaalimin"_

_"Tiada ilah kecuali engkau, Maha Suci engkau.. Sunggu aku menjadi orang yang teramat dzalim"_

*********

Maka inilah doa yang indah. Nabi Yunus tak meminta dikeluarkan dari perut ikan paus. Karena kelak kita tahu, jika Nabi Yunus meminta ini. Paus itu akan mengeluarkannya, bagaimana bila ternyata Nabi Yunus dikeluarkan dari kedalaman samudra, kedalaman laut. Tentulah Nabi Yunus akan binasa.

Tapi dengan penuh kesadaran, Nabi Yunus mengakui segala kelemahan dirinya, segala kehilafan dirinya, semua rasa salah tertumpah berganti dengan sesal teramat sangat. Mengakui kelaliman dan kedzaliman.

Makaaa hari ini kita belajar..  tentang betapa mahalnya *rasa mengakui diri salah*
Sebab terkadang kita dengan segala kekurangan kita selalu menganggap bahwa kita bertabur dengan kesempurna.

Dari doa ini pun kita belajar, jika kita sedang ada masalah tak perlu pula minta agar Allah segera menyelesaikan masalah kita.

Yang perlu kita lakukan adalah.....

*"Mengakui segala kedzaliman, kesalahan yang kita lakukan."*

Selanjutnya...
Biarkan Allah yang gariskan kehidupan kita.
Biarkan Allah... yang membuat cerita dalam hidup kita.

Selamat mengakui kekurangan diri dihadapa dia yang Maha Sempurna.

*Wildan Nugraha*
Quranic Motivation
_Rabu, 10 Juli 2019_

*******

Silahkan copaste dan forward tulisan ini ke sahabat, teman, keluarga anda. Semoga membawa berkah dan manfaat.

Bagi sahabat yang ingin bergabung _Grup WA Quranic Motivation_ silahkan daftar ke _bit.ly/quranicmotivation_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat