SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Kamis, 08 September 2011

PUASA SYAWAL yuk....

 Rasulullah SAW bersabda : " Barangsiapa berpuasa Ramadhan (penuh) lalu diikuti dengan berpuasa enam hari dalam bulan syawal maka dia seperti berpuasa seumur hidup. (HR.Muslim)

Demikian indahnya Islam, semua yang diperintahkan dan yang dianjurkan mengandung banyak hikmah, baik untuk kesehatan, iman, lingkungan,maupun faktor lainnya.

Kalu kita menganalisa sendiri, kenapa kita dianjurkan untuk berpuasa di bulan Syawal, tentunya tak cukup nalar kita sampai karena di saat kondisi banyak tamu yang datang, kita bersilaturahim kerumah keluarga, tetangga, sahabat yang secara umum disediakan dan disajikan banyak kue lebaran tentu saja akan sangat berat kita rasakan,namun itulah adilnya Allah SWT, justru ganjaran pahalanya besar yaitu mendapatkan pahala orang yang berpuasa seumur hidup, Subhanallah.

Allah Maha Tahu keadaan hamba-Nya, setelah puasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan, menahan lapar dan haus di waktu pagi hingga sore adzan Magrib berkumandang, dan kemudian 1 Syawal datang kita di beri istrirahat untuk menikmati penganan lebaran bersama keluarga, lalu akankan anggota tubuh yang sudah terlatih berpuasa selama 1 bulan penuh dibiarkan untuk kembali memakan sepuas hati untuk balas dendam 30 hari sebelumnya? ditambah lagi kandungan gizi yang penuh dengan gula, kolesterol yang menari-nari mengajak kita untuk menyantapnya akan mengundang peningkatan bobot tubuh kita, tahukah Anda apa maksudnya? hal ini sangat berpengaruh dengan kesehatan tubuh kita dan tentunya berbanding lurus dengan konsistensi ibadah pada diri kita, yang selama bulan Ramadhan kita rajin shalat malam karena perut kita tidak terlalu kita isi kenyang pada saat berbuka hingga tidur malam yang siangnya berpuasa, kini ibadah kita dimalam hari akan berkurang karena perut yang telah terisi penuh di pagi hingga malam hari.

Yuk ... sama-sama kita menjalankan sunnah Rasulullah untuk berpuasa di bulan Syawal, memang berat, namun bisa kita siasati dengan berpuasa Senin-Kamis hingga 6 hari, atau untuk wanita, bila khawatir akan datang bulan dan waktunya tidak cukup hingga akhir syawal,berpuasalah segera diawal-awal bulan syawal, sehingga dapat meringankan keinginan untuk melakukan puasa Syawal, SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat