SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Selasa, 25 Oktober 2011

NIKMATNYA BERHAJI KE BAITULLAH

Berbagi pengalaman untuk para tamu Allah yang akan melaksanakan ibadaha haji bagi saya merupakan suatu hal  yang menyenangkan, walau pengalaman haji antar tiap individu berbeda satu sama lain, namun paling tidak pengalaman dari orang lain dapat menjadi panduan atau tambahan informasi untuk menjadi tamu yang baik di tanah suci dan berharap kelak akan diundang kembali menjadi tetamu Allah SWT, Amin.

Berikut ini beberapa pengalaman atau tips untuk jamaah haji :
1. Menjaga kata-kata di tanah suci. Nikmati perjalanan di tanah suci dengan suka cita, ikhlas, dan semuanya dibawa senang hati saja. Hindari mengeluarkan kata-kata yang bernada kesal, menghina baik menghina orang, makanan atau apapun, pokoknya semua dinikmati saja, insya Allah akan ditambah kemudahan dari Allah, karena tanah suci itu tempat keramat, tanahnya para nabi jadi mohon dijaga kesuciannya.

2. Mengenal Tanda-tanda yang mudah dikenali. Apabila kita hendak keluar dari pondokan atau hotel, hendaknya mengingat alamat kita, arahnya atau nomor yang ada disekitar kita, hal ini untuk menghindari kita kesasar.

3. Saling bertukar nomor HP. Usahakan sebanyak mungkin mendapat nomor Hp teman seregu, serombongan, atau nomor hp ketua kloter, regu atau lainnya, juga nomor dokter , untuk memudahkan kita apabila sedang diposisi jauh atau dalam posisi yang tidak memungkinkan dan membutuhkan bantuan.

4. Membuat kesepakatan Tempat. Hal ini perlu dilakukan apabila kita datang secara rombongan ke masjidil haram, namun harus atau terpisah satu sama lain, buatlah janjian di tempat yang semua anggota kelompok tahu tempatnya, misal di shafa atau marwa tempat sa'i, atau pintu masuk di masjidil haram.

5. Cobalah Shalat di masjidil haram dengan menghadap ke ka'bah dari segala penjuru, karena kapan lagi kita bisa shalat menghadap ka'bah dari berbagai sisi dan penjuru kalau bukan di dalam masjidil haram dan di depan ka'bah.

6. Siapkan makanan kecil atau roti di dalam tas yang akan kita bawa ke dalam masjidil haram, karena bisa jadi kita akan lama di dalam masjid menunggu waktu shalat fardu, kalau untuk minum ada air zamzam, tapi kita juga perlu membawa botol minuman untuk air zamzam agar tidak bolak balik ke tempat air zamzam.

7. Tempatkan kamera yang akan di bawa masuk di tempat yang tersembunyi, karena kalau masuk dari pintu utama biasanya tidak boleh di bawa masuk, namun untuk lebih aman, kita dapat masuk tanpa pemeriksaan dari pintu marwa.

8. Berniat i'tikaf kalau hendak ke masjidil haram atau nabawi agar mendapatkan pahala niat i'tikaf.

9. Memberi makan burung-burung dara yang ada di ma'la, atau di beberapa masjid, biasanya ada jagung atau makanan burung yang dijual seharga 1 real untuk 1 bungkus kecil dan diniatkan untuk hal-hal yang baik karena Allah ta'ala

10. Kalau suka, coba makanan khas arab saudi, jadi kalau orang tanya kita sudah pernah coba.:)

Insya Allah kalau ada tambahan lain, akan saya update kembali infonya, Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat