SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Senin, 26 Februari 2018

💐INSPIRASI HARI INI
==================
*Menjadi Pribadi Yang Senantiasa Bersyukur*


     Sahabat ,, Tatkala Allah swt Sudah Memanjakan kepada kita dengan Nikmat yang Begitu Banyak yang begitu Besar dan begitu luar biasa , Lantas apa yang harus kita Lakukan dgn Nikmat yg Banyak ,, yang Besar , yang telah Allah berikan kpda kita ..?!

    Allah Subhanahu wata'ala menjawab dgn Firman- Nya ,, "*jikalau engkau Bersyukur atas Nikmat yang Telah Aku berikan tersebut kepadamu maka akan aku tambah, tetapi tatkala engkau Aku beri Nikmat engkau tidak Bersyukur kepadaku maka Ketahuilah Adzabku Amat Pedih..

    Dari ayat tersebut kita bisa mengambil dua Gambaran apa yang Harus kita Lakukan tatkala Allah Subhanahu wata'ala memberikan Nikmat kepada kita ..

> Bersyukur Kepada Allah Subhanahu wata'ala
> Janganlah mengkufuri Nikmat Allah ,, dgn menggunakan nya untuk Bermaksiat kepada Allah , digunakan hanya untuk Memenuhi Hawa nafsu yang menjerumuskan pada kejekekan ..

    Maka dari sini kita tahu bahwasanya ada beberapa cara untuk mensyukuri Nikmat yg Allah Subhanahu wata'ala berikan kepada kita ,,
   Diantaranya ..

1. *Menggunakan Lisan* ,,
         _Memuji kepada Allah Subhanahu wata'ala dengan Mengucapkan *Alhamdulillah*_
   Nabi Muhammad Rasulullah saw pernah ditanya oleh sahabatnya ."wahai Rasulullah, Allah Subhanahu wata'ala telah memberikan kepada kami Nikmat yang Banyak, lalu bagaimana cara kami membalas semua Nikmat tersebut ?". Nabi Muhammad saw. Menjawab, "dengan engkau Bersyukur dengan Mengucapkan _Alhamdulillah_ memuji kepada Allah Subhanahu wata'ala, maka engkau sudah Bersyukur kepada Allah Subhanahu wata'ala .

2. *Dengan perbuatan* ...
        _Menggunakan segala Nikmat yang Allah karuniakan kepada kita hanya untuk Allah Subhanahu wata'ala dan bertujuan hanya untuk Allah_
    Artinya,, segala harta yg kita miliki kita gunakan untuk Allah , untuk membantu agama Allah , menolong sesama kita , membantu hajat daripada Hamba -hamba Allah yang butuh bantuan dgn harta kita.
  Kita di karuniakan oleh Allah Subhanahu wata'ala Ilmu ,, Maka dgn Ilmu tersebut kita jadikan untuk Allah ,, berjuang di jalan Allah ,dan Mengagungkan Seruan ALLAH Subhanahu wata'ala .
   Allah berikan kepada kita tenaga yang kuat ,, maka kita gunakan tenaga kita tesebut hanya untuk Allah ,berjuang membantu Agama Allah ..
      Suatu saat Nabi Musa Bertanya kepada Allah Subhanahu wata'ala, "wahai Tuhanku,, bagaimana cara aku untuk bersyukur dgn Nikmat yang telah Engkau Berikan untukku ?". Allah Subhanahu wata'ala menjawab , "Dengan Engkau gunakan seluruh nIkmat yang Aku berikan padamu untuk beribadah, Untuk melakukan sesuatu yang Menyenangkan Ku ,maka itu sudah Bersyukur kepada Ku."


3. *Dengan I'tirof* ...
       _Meyakini Bahwasanya Seluruh Nikmat-nikmat yang kita Miliki , Itu semuanya datang dari Allah Subhanahu wata'ala_

      Adapun manusia , mereka semua hanya perantara wasilah dari Allah Subhanahu wata'ala .
  kalo kita mau merenung sejenak yang menggerakkan mereka berjalan kepada kita, memberikan Hartanya , pertolongan nya itu semua Adalah Allah Subhanahu wata'ala *"yang Maha Membolak Balikkan Hati Manusia"* . Akan tetapi Alangkah Hinanya kita sebagai Hamba Allah yg Berprasangka bahwasanya Nikmat yang kita miliki sekrang ini datangnya kita dapatkan dari jerih payah kita sendiri bukan dari Allah Subhanahu wata'ala ..


  ```Sebagai Pelajaran Diceritakan```

        Ada seorang diceritakan Kaya ditempa tersebut , kemudian datang seorang yang ingin meminta sebagian hartanya untuk membangun daripada Rumah Allah Subhanahu wata'ala yaitu Masjid ..


   Maka ,, tatkala itu datang Hamba Allah itu kemudian meminta pertolongan kepada si kaya tersebut , kemudian si kaya mengatakan , "Aku mendapatkan semua ini karna jerih payahku, kalau engkau mau maka hendaknya engkau kerja."

Maka Hamba Allah ini mengatakan, "Tidakkah engkau ingat yang engkau miliki ini Milik Allah ?, maka Gunakanlah dijalan Allah."
Orang kaya itu pun bilang, "Siapa Bilang, Aku mendapatkan ini semua dengan kerja keras, banting tulang, aku keluar di pagi hari dan kembali di malam hari, ini semua jerih payahku, bukan dari Allah Subhanahu wata'ala..  Lalu Hamba ini pun diusirnya dari Rumahnya.

    Subhanallah ,,,
Allah buktikan Firman Nya , Siksa Nya kepada orang yang tidak Bersyukur betul² Dahsyat ..
   Orang ini keluar dari Rumahnya dengan menggunakan mobilnya yang mewah , dalam perjalanan terjadi tabrakan . Maka, Tatkala ia sadar ,Syiuman bangun dari tidurnya, Ia sudah ada di rumah sakit. Kemudian datanglah seorang dokter pada waktu itu, dan dia (si kaya) Hendak Bangun menggerakkan kaki kanannya namun ternyata tak bisa di gerakan. Dokter mengatakan, "kakimu ini Harus di Amputasi ,harus dipotong". Lalu orang kaya ini mengatakan, "Dokter, kalau engkau tidak mampu, Tidak usah menyuruh kaki saya untuk di potong, Saya punya Harta , saya punya uang, saya punya kekayaan yang banyak, aku akan pergi dari tempat ini.
Maka di ceritakan , Orang kaya ini pun pergi keluar negri berobat disana, dan Subhanallah ,, Allah buktikan Firman Nya tadi, dalam hitungan minggu dia (si kaya) sudah menghabiskan dana sampai 16 M. Kemudian dia pulang ke Indonesia , dia jual Rumahnya , dia jual mobilnya ,, Aset seluruhnya sampai itu semua terjual . Ternyata tetap, kakinya tetap harus di Amputasi . Dan ini Cerita Nyata , Orang ini masih ada di suatu tempat kota , sampai saat ini kerjanya hanya Meminta minta..


   Oleh Karna itu ,,
Yakinlah Bahwasanya Segala Nikmat yang kita miliki Datangnya dari Allah Subhanahu wata'ala .. dan Bersyukur lah kepada Allah dengan Menggunakan lidah (Memuji kepada Allah), kemudian menggunakan semua Nikmat itu hanya untuk Allah dan dengan Keyakinan seluruh Nikmat itu Datangnya Dari Allah. Sedangkan Manusia hanya perantara datangnya juga dari Allah Subhanahu wata'ala .


   Semoga Allah Subhanahu wata'ala menjadikan kita Hamba hamab yang selalu Bersyukur dgn Nikmat yang Allah Subhanahu wata'ala berikan dengan selalu menggunakan nya untuk Beribadah kepada Nya dalam hal hal yang di Ridho I Nya dan tujuan yang di Muliakan Allah Subhanahu wata'ala...

Aamiin yaa Robbal'aalaamiin ...


Sumber : AUDIO kajian Pesantren Hatiqu ,materi bab _Akhlak_
Pemateri  (Habib Novel Al-Athos)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat