SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Jumat, 13 Januari 2012

Inspirasi "The Billionaire" for Us 



Memaksa diri untuk menonton langsung film ini selain  ari resensinya, membuat kaki ini kuat melangkah untuk menontonnya. Apalagi film ini sudah ada sejak November 2011 dan entah kenapa film ini terus diputar di Blitz Megaplex sampai tulisan ini di publikasikan.

Filmnya luar biasa, terutama bagi insan yang ingin memulai usaha. namun saya sarankan untuk anak-anak usia sekolah atau yang masih sekolah sebaiknya menonton film ini perlu pendampingan dari orang tua, walaupun ada sisi positif lain namun setiap kejadian dan keputusan yang ada dalam film ini harus diterjemahkan dengan kasus atau hal positif sehingga siapapun yang mengambil langkah dalam kehidupan nyata berdasarkan inspirasi dalam film ini semuanya dapat dilakukan dengan bijaksana dan penuh pertimbangan.

Ada kalimat yang saya catat dalam fikiran saya dalam film ini seperti
1. " BERDAGANG ITU TIDAK SEASYIK BERMAIN GAME...YANG DEWASA PUN BISA TIDAK BERTAHAN..." jadi semua harus dengan pertimbangan. ( Ketika si anak yang bernama TOP membeli banyak DVD recorder untuk dijual tapi ternyata dia ditipu oleh pedagang DVD tersebut yang menjual DVD kacangan, satu kali pakai langsung rusak)

2. "SAYA SUDAH GAGAL, DAN SAYA SUDAH MEMBUAT KAMU RUGI, SAYA TIDAK MAU MEMBUAT LAGI "...." TIDAK ...TERUSKAN SAJA, BUAT KERUGIAN LEBIH BANYAK LAGI, YANG PENTING TERUS BERUSAHA" ( hal itu diucapkan pamannya, yang gagal terus membuat rumput laut yang enakl dan garing. namun akhirnya setelah banyak gagal baru berhasil)

3. " KALAU USAHA INI GAGAL, MAKA SAYA TIDAK TAHU HARUS BERBUAT APA LAGI, DAN SAYA TIDAK PUNYA APA-APA LAGI" ...." KALAU KAMU TIDAK MENCOBA, KAMU TIDAK BISA SAMPAI SEJAUH INI, TERUSKAN" ( ini ucapan semangat sang paman kepada TOP ketika pertama kami mulai memproduksi produknya"

4. "SAYA TIDAK AKAN PERNAH MEMBIARKAN ORANG LAIN MENGHINA ORANG TUA SAYA" ( Kepatuhan TOP kepada orang tuaya, karena dia berusaha menyuap security di mall)

5. " JANGAN PERNAH MENYERAHDALAM KONDISI APAPUN, KALAU ITU TERJADi, MAKA TAMATLAH SUDAH"...(Ucapan TOP ketika dia sudah berhasil dalam usahanya)

Dan masih banyak lagi kalimat positif lainnya. Dan berikut ini beberapa usaha yang dia lakukan dalam merintis usahanya dari bawah hingga menjadi usahawan berhasil (Memulai dan berniat usaha di usia 16 tahun, dan saat ini dia berusaha 26 tahun).

1. Patuh kepada Orang tuanya, sayang dan ingin membantu orang tuanya serta berniat melunasi hutang orang tuanya
2. Tidak mengandalkan orang tua dalam mengejar mimpi
3. Survei ke lapangan sebelum memulai usaha
4. Selalu membawa buku catatan untuk mencatat hal-hal yang  bisa menjadi inspirasi
5. Setiap yang dia lihat , dengar menjadi bahan pemikirannya
6. Rajin hadir di pameran, atau media lain yang bisa support usahanya
7. Pantang menyerah, terus mencoba dan berusaha
8. memulai usaha yang besar berawal dari usaha yang kecil, menjual di eceran, mall, dll
9. Tidak takut mengalami kerugian
10. Gigih 

Dan masih banyak lagi hal positif lainnya.

Beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan.

1. Walau bagaimanapun sekolah selalu nomor 1 untuk diutamakan
2. Sebelum membuat usaha jangan terburu-buru , buat pertimbangan yang matang
3. Diskusi dan komunikasi dengan keluarga terutama orang tua (ibu)

good luck semoga berhasil dan menjadi sumber inspirasi untuk kita semua.

Berikut ini sedikit kilasan dari sebuat web  tentang film  The Billionaire 

Film The Billionaire yang disutradarai oleh Songyos Sugmakanan dan dibintangi oleh Peach Pachara Chirathivat, Walanlak Kumsuwan dan Somboonsuk Niyomsiri dengan durasi 120 menit tersebut menceritakankisah seorang pemuda yang saat berusia 16 tahun menjadi pencandu game online putus sekolah untuk menjadi penjaja kacang saat berusia 17 tahun

Saat usia 18, keluarganya bangkrut dan meninggalkan hutang sebesar 40 juta Baht. Saat usia 19, dia menciptakan cemilan rumput laut 'Tao Kae Noi' yang dijual di 3.000 cabang 7-Eleven di Thailand

Kini di usia 26 tahun ia adalah produsen cemilan rumput laut terlaris di Thailand, berpenghasilan 800 juta Baht per tahun dan mempekerjakan 2.000 staf. Namanya Top Ittipat dan ini adalah kisah nyata hidupnya yang luar biasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat