SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Selasa, 16 April 2013

STRATEGI DAN TIPS MEMILIH serta MENCARI TRAVEL untuk UMROH

Akhirnya keinginan untuk berbagi tips bagaimana memilih dan mencari travel umroh sampai juga untuk dituangkan pada blog ini, walau agak telat, tapi keinginan untuk berbagi rasanya sudah dari awal. Mungkin gak banyak yang bisa dibagi tapi paling tidak beberapa bulan kebelakang dari sekarang saya memiliki beberapa pengalaman yang saya alami dan mungkin bisa saja dialami oleh orang lain, ataupun tidak , namun saya berharap pengalaman saya ini dapat memperkaya pandangan, tambahan ilmu bagi orang yang mau ibadah ke tanah suci namun bingung mau pakai travel mana. Karena ada kalanya kita ingin mencoba travel baru, walaupun ada keluarga yang pernah pergi umroh baik dengan pengalaman yang bagus ataupun tidak, namun kalau bagi yang ingin mencari pengalaman yang baru, mencari harga yang sesuai dengan kocek atau mencari fasilitas lain yang tidak didapat dari pengalaman keluarga via travel lain tentu saja perlu membaca tulisan saya ini, insya allah.

Saya sebenarnya sih bukan termasuk orang yang susah dalam menentukan suatu travel, ada uang yang cukup, waktu, sehat, maunya sih travel mana aja oke yang penting pelayanan umroh bagus untuk para jamaahnya. Pengalaman melalui suatu travel dari kakak saya yang travel bulan februari 2012 sebenernya bagus, harganya murah juga, awalnya mau ikut di travel yang sama tapi pikir demi pikir mumpung masih jauh-jauh hari maka saya memutuskan untuk browsing di internet semua travel yang ada , tujuannya untuk membandingkan harga, fasilitas, testimoni jamaah sehingga terbayang record travel tersebut. karena zaman sekarang banyak cerita tentang travel palsu, atau bila tidak palsu tapi sudah kumpul di bandara eh justru diundur keberangkatannya, atau visa belum keluar atau ada biaya tambahan lainnya. so jadilah saya memulai petualangan baru saya untuk mencari travel yang sesuai dengan harapan saya, dan tentu saja setelah kita berusaha, serahkan semuanya kepada Allah SWT. agar dipermudah, karena kelancaran suatu proses hasilnya hanya allah yang menentukan.

Berikut ini beberapa strategi dan tips yang saya lakukan sebelum menentukan travel umroh.
1. Cari tau pengalaman keluarga yang sudah pergi umroh, cari info ke travel tersebut, apakah masih sama fasilitas dan lainnya, apabila harga selalu berubah, atau biaya aiport taxnya cukup mahal maka untuk sementara sisihkan saja dulu.
2. Buat catatan setiap travel yang sudah dihubungi, untuk buat perbandingan mulai dari harga, fasililitas, air zamzam, air port tax, manasik, dll
3. Apabila ada pameran umroh dan haji sebaiknya bahkan seharusnya datangi, biasanya diadakan selama 3  hari, datanglah pada hari pertama, maka ambila brosur sebanyak-banyaknya, kemudian dirumah dibuat perbandingan satu sama lain, mana harga yang murah tapi fasilitas bagus, dan keterangan lainnya. apabila sudah diklasifikasikan, maka pilih travel yang menurut kita paling mendekati dengan harapan kita dengan biaya yang sesuai dengan budget yang sudah kita tetukan, kemudian datanglah pada hari esoknya atau hari terakhir untuk melakukan explorasi dari yang sudah kita analisa travelnya untuk kita tanya lebih mendalam ke travel yang bersangkutan. dan lebih baik lagi persiapkan uang panjer atau DP untuk membayar di travel yang sudah sesuai dengan hati kita , biasanya di pameran tersebut disediakan mobile ATM , jadi kita gak perlu bawa uang banyak-banyak. karena kalau di pameran biasanya ada harga promo, atau discount dan bisa juga ada paket khusus.
4. Sebelum datang ke pameran ada baiknya juga browsing ke blog yang lain, untuk menggali jenis pertanyaan ke pihak travel , sehingga kita banyak informasi baru dan gak kelihatan banget gak tahunya:)
5. ohya pastikan juga kalau travel atau penerbangan dengan direct langsung ke Jedah biasanya lebih mahal, namun penerbangan 9 jam lumayan bikin jetlag, dan kalau penerbangan dengan transit biasanya harga lebih murah, namun capek karena harus ambil barang, cek imigrasi dll.
Jadi semua pilihan ada pada kita, oh iya tanyakan ke travelnya juga hotelnya bintang berapa, jarang hotel ke masjid nabawi berapa km, juga jarak hotel ke masjidil haram berapa kilo, fasilitas makannya, apakah pesawat transit dulu apa gak, kalau pakai transit harga mahal, sebaiknya jangan mau, karena selain capek juga lama waktu tunggunya,kecuali harga murah, dan enaknya transit juga biasanya disediakan city tour jadi enak bisa keliling negeri orang, tahu negara lain, jadi semua ada plus minusnya.
6. kalau sudah mantap dengan satu travel atau beberapa travel, jangan lupa untuk browsing travel tersebut juga untuk melihat dan mengetahui track record travel tersebut lebih jelas, apalagi disediakan media komunikasi dengan customer dari pihak perusahaan sehingga komunikasi terbuka sifatnya.
7. Kalau saya juga mempertimbangkan beberapa hal seperti kemudahan dalam pembuatan kartu kuning utuk vaksin, kalau disediakan yang tanpa suntik , saya lebih cenderung kesana karena kalau bikin kartu kuning harus ke pelabuhan, atau bandara, jauh dan agak repot apalagi jalanan macet dan jauh dari tempat saya.
8. Selain itu pertimbangan saya, kiloan zamzam yang kita dapat juga, biaya besarnya airport tax juga jadi hal yang menentukan, karena semakin mahal airport tax , kebanyak untungnya tuh hehehe, karena yang saya dapat travelnya alhamdulillah biaya umroh sudah termasuk airport tax dan tidak dikenakan biaya sedikitpun. walaupun tidak ada buku panduan nama-nama peserta jamaah, ya gak apa-apa gak penting juga nantijuga kenalan sama jamaah pas praktiknya,
9. Usahakan jangan mendadak bila tahapan diatas ingin diikuti, karena kalau lagi santai , explorenya lebih enak, apalagi fluktuasi dollar juga penting sekali diperhatikan.
10. Berdoa sama Allah agar travel yang dipilih adalah travel terbaik dari Allah untuk kita, dan dimudahkan dalam perjalanan tidak diundur atau visa tidak keluar dan sebagainya, semuanya allah yang menentukan.
Apa lagi ya, insya allah nanti saya sambung lagi dengan pengalaman umroh disana dan persiapan menjelang umroh hingga lainnya, insya allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat