SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Kamis, 18 April 2013

KETIKA IBADAH UMROH HARUS TRANSIT???

Adakalanya ketika kita melaksanakan ibadah umroh pilihan jatuh pada keberangkatan yang melalui transit terlebih dahulu. Transit disini menurut pengertian saya adalah dimana biasanya penerbangan dari start poin awal misalnya dari Jakarta kemudian direct atau langsung ke Bandara Jeddah, namun kalau transit sebelum Sampai ke Jeddah pesawat mampir dahulu ke negara lain tergantung pesawatnya biasa carteran dimana, ada yang transit ke satu negara saja atau beberapa negara. Oleh karena itu sebaiknya bila pilihan transit sudah Anda pilih tanyakan berapa kali transit, berapa lama waktu menunggu ke penerbangan selanjutnya, ke negara mana transitnya , dan tanyakan juga apakah ada city tournya atau tidak. Dalam hal ini transit biasanya bisa di Singapura, kolombo, malaysia, dubai,yaman atau lainnya.

Bila transit hanya satu kali saja, ya mungkin tidak terlalu melelahkan, karena bisa jadi pesawat akan ganti dengan pesawat lain atau bisa juga dengan pesawat yang sama. namun bila transitnya lebih dari satu kali sebaiknya anda fikirkan kembali apakah tetap akan melanjutkan untuk memilih perjalanan umroh dengan transit lebih dari 1 kali atau tidak, kalau yang sudah tua , sedang sakit, saran saya sebaiknya pakai yang direct saja, kecuali memang bila selisih harga tiket umrohnya cukup significant ya gak apa juga diteruskan tapi harus ada yang temanin alias ada anaknya yang cukup kuat untuk menurunkan barang , karena aktifitas transit yang lebih dari 1 kali luar biasa extra, setiap kali transit di suatu negara akan ada cek imigrasi keluar dari negara tersebut, kemudian tunggu barang bagasi, angkat dan cek lagi, begitupun ketika sampai di negara transit lainya, ditambah lagi harus ada isian form untuk sampai ke suatu negara jadi siapkan pulpen aja di tas kecil,  dan lagi waktu tunggu untuk penerbangan selanjutnya bisa sampai 5 jam atau lebih. Dan begitupun juga ketika pulang umroh nanti bukannya langsung terbang ke start poin kita berangkat tapi akan mengulang pada perjalanan awal kita, dengan aktifitas yang sama juga yaitu cek imigrasi, tunggu dan angkat bagasi demikian seterusnya. Ohya apabila barang bawaan banyak sebaiknya untuk rombongan keluarga pasportny dikumpulkan saja jadi satu, dikoordinir pada saat penimbangan barang, untuk mensiasati agar tidak terkena biaya tambahan bagasi. Biasanya antar negara atau pesawat berbeda beda kapasitas timbangan bagasi , jadi per pasport bisa di mix antara koper yang berat dan ringan. Kalau pesawat Dubai air biasanya hanya 20 Kg juga, emirat, cathay pasific juga 20 kg , tapi kalau lebih 6 kg masih free. Untuk jetstar singapura 25 kg. semua disiasati saja agar tidak kena tambahan biaya, lumayan kan kalau setiap transit dan penimbangan bagasi kena biaya bagasi terus di tiap negara untuk yang belanjaannya banyak. Kalau di singapura kelebihan bagasi seharga 8 sollar singapura per kg, kalau srilangka cukup mahal juga saya lupa.

Pesan saya, transit bagi yang masih muda, yang tidak terikat dengan waktu kerja,yangbhobby travelling dan senang dengan suasana baru , pengalaman ke negara orang oke-oke aja, poknya dibawa senang aja, sekalian mensyukuri nikmat Allah Swt, namun kalau yang sedang sakit, sudah usia lanjut apalagi bila tidak ditemani keluarga yang kuat akan berat juga. Jadi sebelum memastikan memilih travel umroh pastikan kembali apakah ada transit atau tidak, jangan percaya dengan mudah travel dengan biaya murah, kalau ada yang murah dan bagus alhamdulillah tapi kalau



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat