SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Selasa, 31 Mei 2016

¤Berlindung Dari Hutang¤

Terbebas dari hutang adalah ketenangan bagi hati. Tidak ada kenikmatan saat beribadah melainkan saat hati dalam ketenangan karena terbebas dari berbagai tanggungan.

Hendaklah seorang muslim sederhana dalam hidup, dan berhias diri dengan sifat qana'ah (merasa cukup).

¤» Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

قَدْ أَفلَحَ مَنْ أَسَلَمَ وَرُزِقَ كَفَافاً وَقَنَّعَهُ اللَّهُ بِمَا آتَاهُ

"Sungguh beruntung orang yang telah islam, ia diberi rezeki yang cukup dan qana'ah (merasa cukup) dengan apa yang telah ALLAH berikan kepadanya." (HR. Muslim)

Jika anda bergelut dalam dunia bisnis, kembangkanlah sesuai kemampuan modal yang dimiliki. Jangan terlalu berani mengambil risiko dengan berhutang banyak hanya demi mengejar keuntungan dunia semata.

Karena saat anda mengambil hutang, secara tidak langsung anda telah menanamkan benih kegelisahan dan ketakutan di dalam hati anda.

¤» Rasulullah صلى الله عليه و سلم telah bersabda,

لَا تُخِيْفُوْا أَنْفُسَكُمْ بَعْدَ أَمْنِهَا. قَالُوْا: وَمَا ذَاكَ يَا رَسُوْلَ اللهِ ؟ قَالَ: الدَّيْنُ

"Janganlah kalian tanamkan ketakutan ke dalam diri kalian, padahal sebelumnya dalam keadaan tenang. Para sahabat bertanya, "Apa hal tersebut, wahai Rasulullah?." Beliau bersabda, "Hutang." (HR. Ahmad)

Namun, jika anda dalam kondisi telah terlanjur berhutang, maka berusahalah sekuat tenaga dengan memohon pertolongan ALLAH untuk melunasinya. Segera lunasi jika ada uang, dan jangan bermudah-mudahan untuk berhutang setelahnya.

¤» Dan perbanyaklah membaca doa berikut,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

"Ya ALLAH, sesungguhnya aku berlindung kepada-MU dari rasa gundah dan sedih, rasa lemah dan malas, sifat bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang." (HR. Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat