SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT

Jumat, 04 April 2014

Jumlah malaikat pada diri manusia

Syekh Muhammad Al Kholiliy berkata: "Diriwayatkan bahwa Sayidina Utsman bin 'Affan RA bertanya kepada Nabi SAW: "Berapa malaikat yang ada pada seorang manusia?".

Lalu beliau bersabda: "Ada 20 malaikat, diantara mereka satu malaikat berada di sisi kananmu untuk mencatat kebaikan-kebaikanmu.Dan malaikat ini kepercayaan malaikat yang berada di sisi kirimu.

Apabila engkau berbuat satu kebaikan, maka ia menulis 10 kebaikan dan apabila engkau berbuat keburukan, maka malaikat yang berada di sisi kiri berkata kepada malaikat yang berada di sisi kanan:
"APAKAH AKU CATAT?"
Maka malaikat yang di sisi kanan berkata: "biarkan dia selama 7 jam, semoga saja ia bertobat"

Lalu apabila hamba itu tidak bertobat, maka malaikat di sisi kanan berkata: "Ya, tulislah, semoga Allah menyamankan kita dari hamba ini".
Adapun nama malaikat yang berada di sisi kanan adalah Roqib, yaitu malaikat yang mencatat segala kebaikan, dan nama malaikat yang di sisi kiri adalah 'Atid, yaitu malaikat yang mencatat berbagai perbuatan buruk.

Dan ada dua malaikat di hadapanmu dan di belakangmu.

Dan ada satu malaikat pengenggam atas ubun-ubunmu. Apabila engkau merendah hati karena Allah ta'ala, maka ditinggikanlah engkau, dan apabila engkau menyombongkan diri kepada Allah, maka Allah akan meruntuhkanmu.

Dan ada dua malaikat di atas dua bibirmu, kedua malaikat ini tidak akan menjaga dirimu, kecuali ucapan sholawat kepada Nabi SAW.

Dan ada satu malaikat di atas mulutmu, malaikat itu tidak akan membiarkan ular atau serangga masuk dalam mulutmu.

Dan ada dua malaikat di atas dua matamu,dan dikatakan: "sesungguhnya nama dua malaikat itu adalah Syawiyyah"

Maka mereka itu ada 10 malaikat yang ada pada setiap manusia.

Lalu turunlah malaikat malam menggantikan malaikat siang hari, maka mereka malaikat malam dan mereka malaikat siang hari berjumlah 20 malaikat atas setiap manusia".

"Dikutif dari kitab Qotrul Goits"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau membaca, dengan segala kerendahan hati mohon diberikan komentar,semoga dapat bermanfaat